PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-5 TAHUN DI PAUD PKK KAB. BLITAR
Keywords:
Perkembangan bahasa, Gadget, anak usia 3-5 tahunAbstract
Pertumbuhan dan perkembangan anak adalah proses kompleks yang melibatkan perubahan fisik, kognitif, emosional dan sosial sepanjang masa kanak kanak. Perkembangan bahasa anak merupakan aspek krusial dimana anak akan mengalami perkembangan bahasa secara signifikan mencakup kemampuan berbicara, memahami dan menggunakan bahasa secara efektif dalam berinteraksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa anak usia 3-5 tahun di PAUD PKK Kab Blitar. Desain pada penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional, menggunakan teknik total sampling di dapatkan sampel 30 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi KPSP, pengolahan data meliputi editing, coding, scorring dan tabulating kemudian data di analisa menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan 17 responden (56,67%) penggunaan gadget dalam kategori sedang dan 19 responden (63,33%) perkembangan bicara normal. Kesimpulan penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa anak usia 3-5 tahun. Hal ini menunjukkan pentingnya pemberian pendidikan kesehatan tentang permainan edukatif yang tepat kepada anak dan diharapkan anak mendapatkan stimulasi selama mereka bermain.
Downloads
References
Endarwati, S. Haqiqi, C. (2018). Minat Ibu melakukan stimulasi tumbuh kembang anak usia 1-5 tahun. Akademi Kebidanan Dharma Husada Kediri, Vol 7, 38–43. https://doi.org/https://doi.org/10.35890/jkdh.v7i1
Endarwati, S. Komariyah, S. (2017). Buku kesehatan Anak (1st ed.). Adjie Media Nusantara.
Handrianto. (2013). Dampak Penggunaan Smartphone terhadap perkembangan bahasa anak. Sains Journal Universitas Airlangga. http://sainsjournalfst11.web.unair.ac.id/artikel_detail-75305-KESEHATANDampak Smart phone.html
Melati, P., Mashudi, E. (2021). Pengaruh penggunaan gawai terhadap perkembangan bahasa anak usia 4-6 tahun. Al Abyadh, 4, 89–94. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.361
Oktaviana, A. (2021). Dampak penggunaan Gadget terhadap interaksi sosial anak usia Perspektif Hadis. Journal of Islamic Early Childhood Education, 4, 145–153. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12544
Soetjiningsih. (2013). Tumbuh kembang anak (2nd ed.). EGC.
Yusuf, S. (2006). Psikologi perkembangan anak dan remaja (7th ed.). Remaja Rosda Karya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=660758
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License