PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-5 TAHUN DI PAUD PKK KAB. BLITAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Susiani Endarwati

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan anak adalah proses kompleks yang melibatkan perubahan fisik, kognitif, emosional dan sosial sepanjang masa kanak kanak. Perkembangan bahasa anak merupakan aspek krusial dimana anak akan mengalami perkembangan bahasa secara signifikan mencakup kemampuan berbicara, memahami dan menggunakan bahasa secara efektif dalam berinteraksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa anak usia 3-5 tahun di PAUD PKK Kab Blitar. Desain pada penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional, menggunakan teknik total sampling di dapatkan sampel 30 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi KPSP,  pengolahan data meliputi editing, coding, scorring dan tabulating kemudian data di analisa menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan 17 responden (56,67%) penggunaan gadget dalam kategori sedang dan 19 responden (63,33%) perkembangan bicara normal. Kesimpulan penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa anak usia 3-5 tahun. Hal ini menunjukkan pentingnya pemberian pendidikan kesehatan tentang permainan edukatif yang tepat kepada anak dan diharapkan anak mendapatkan stimulasi selama mereka bermain.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Endarwati, S. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-5 TAHUN DI PAUD PKK KAB. BLITAR. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 8(2), 16–22. Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/akper/article/view/23901

References

    Dewi, A.K., Yulianingsih, Y., Hayati, T. (2019). Hubungan antara penggunaan Gadget dengan perkembangan bahasa anak usia dini. Jurnal Pendidikan Roudhatul Athfal.
    Endarwati, S. Haqiqi, C. (2018). Minat Ibu melakukan stimulasi tumbuh kembang anak usia 1-5 tahun. Akademi Kebidanan Dharma Husada Kediri, Vol 7, 38–43. https://doi.org/https://doi.org/10.35890/jkdh.v7i1
    Endarwati, S. Komariyah, S. (2017). Buku kesehatan Anak (1st ed.). Adjie Media Nusantara.
    Handrianto. (2013). Dampak Penggunaan Smartphone terhadap perkembangan bahasa anak. Sains Journal Universitas Airlangga. http://sainsjournalfst11.web.unair.ac.id/artikel_detail-75305-KESEHATANDampak Smart phone.html
    Melati, P., Mashudi, E. (2021). Pengaruh penggunaan gawai terhadap perkembangan bahasa anak usia 4-6 tahun. Al Abyadh, 4, 89–94. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.361
    Oktaviana, A. (2021). Dampak penggunaan Gadget terhadap interaksi sosial anak usia Perspektif Hadis. Journal of Islamic Early Childhood Education, 4, 145–153. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12544
    Soetjiningsih. (2013). Tumbuh kembang anak (2nd ed.). EGC.
    Yusuf, S. (2006). Psikologi perkembangan anak dan remaja (7th ed.). Remaja Rosda Karya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=660758