Main Article Content

Abstract

Latar belakang: Hipertensi merupakan permasalahan kesehatan yang cukup beresiko di dunia. Aspek resiko utama menuju kepada penyakit kardiovaskuler seperti gagal jantung, serangan jantung, stroke serta penyakit ginjal. Penyakit jantung iskemik serta stroke menjadi 2 pemicu kematian utama di dunia. Meningkatnya permasalahan hipertensi dipengaruhi oleh pola hidup yang tidak sehat. Salah satu upaya untuk meningkatkan perubahan pola hidup penderita hipertensi dengan diberikannya edukasi kesehatan. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh edukasi kesehatan dengan menggunakan media booklet terhadap hidup penderita hipertensi di Puskesmas Tulakan Kabupaten Pacitan. Metode: Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan menggunakan metode Nonequivalent Pre Test-Post Test With Control Group Design. Pengumpulan data responden dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling sesuai dengan kriteria inklusi dan kriteria eksklusi, jumlah responden berjumlah 40 dibagi menjadi kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Hasil: Hasil statistik uji Mann Whitney menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan pola hidup pada kelompok intervensi setelah diberikan edukasi kesehatan menggunakan media booklet p value 0,001 yang berarti nilai p < α (α = 0,05). Kesimpulan: Edukasi kesehatan media booklet mampu meningkatkan pola hidup penderita hipertensi di puskesmas Tulakan Kabupaten Pacitan.

Article Details

How to Cite
Guruh Pratama, Y. (2023). EDUKASI KESEHATAN MEDIA BOOKLET TERHADAP POLA HIDUP PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS TULAKAN KABUPATEN PACITAN. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 7(1), 1-7. Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/akper/article/view/20036

References

  1. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2019. Jakarta
  2. Damayanti, Risna, Syamsyuryana Sabar, Ayu Lestari, Nurarifah, Sukmawati, 2022. Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi, Volume 2 Halaman 64 – 69. Lentora Nursing Journal
  3. Dinkes Provinsi Jawa Timur. 2017. Profil Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2016. Surabaya. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur
  4. Gemilang, Ritznor dan Christiana, Elisabeth. 2015. Pengembangan Booklet Sebagai Media Layanan Informasi Untuk Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa Kelas Xi Di Sman 3 Sidoarjo. Jurnal Bimbingan dan Konseling
  5. Istiqomah, Finda, Ali Iqbal Tawakal, Chika Dewi Haliman, Dominikus Raditya Atmaka. 2022. Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Pengetahuan Hipertensi Peserta Prolanis Perempuan di Puskesmas Brambang Kabupaten Jombang, Vol 11, Halaman 159 - 165. Jurnal Media Gizi Kesmas Universitas Airlangga
  6. Kemenkes RI. 2014. Infodatin Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan, Prevalensi Terbesar Penyakit Hipertensi. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
  7. Kusrianto, Adi. 2013. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi offset
  8. Mateos-Caceres, P.J. et al. 2012. New and Old Mechanisms Associated With Hipertension in the Elderly. International Journal of Hypertention
  9. Notoadmojo, Soekidjo. 2010. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
  10. Notoadmodjo, S. 2014. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
  11. Purnamasari, Meyni. 2022. Pengaruh Edukasi Hipertensi Terhadap Penatalaksanaan Diet Rendah Natrium dan Kolesterol Pada Penderita Hipertensi. Prosiding Seminar Nasional Halaman 197 – 204. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna Palembang
  12. Rachman, F., Julianti, H.P. & Pramono, D. 2011. Berbagai Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hipertensi pada Lansia. Faculty of Madacine
  13. WHO. 2018. Global Health Estimates 2016: Deaths by Cause, Age, Sex, by Country and by Region, 20002016. Geneva: World Health Organization