Main Article Content
Abstract
Pada masa anak prasekolah perkembangan motorik halus sangatlah penting karena
motorik halus merupakan aspek dasar anak untuk menuju pada masa sekolah, seperti
memegang pensil dengan baik, menulis, mengenal huruf, angka, dan berhitung. Bila
perkembangan motorik halus ini terlambat berbahaya bagi penyesuaian sosial dan pribadi
anak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh stimulasi motorik halus
terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia 4 – 5 tahun di TK Pertiwi Tiripan
Berbek Nganjuk.
Penelitian ini menggunakan desain pra eksperimen dengan pendekatan one group
pre test-post test desaign. Dengan menggunakan sampling jenuh dan 20 responden.
Pengumpulan data dilakukan sebelum dan sesudah pemberian stimulasi motorik halus,
dengan uji Wilcoxon dengan α = 0,05
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa ada pengaruh stimulasi motorik
halus terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia 4 – 5 tahun dengan ρ = 0,025
< α = 0,05. Dengan demikian stimulasi motorik halus dapat merangsang kemampuan
dasar anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.
Kata kunci : Stimulasi, Motorik Halus, Prasekolah
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License