HUBUNGAN STIMULASI TUMBUH KEMBANG OLEH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN BICARA DAN BAHASA BALITA USIA 29-59 BULAN DI KELOMPOK BERMAIN LENTERA BANGSA KOTA KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.29407/judika.v6i2.19126Keywords:
Kata kunci : Balita, Perkembangan Bicara dan Bahasa, StimulasiAbstract
Balita memiliki periode penting untuk menunjang tumbuh kembang anak karena pada periode ini terjadi sangat pesat. Perkembangan yang optimal dibutuhkan adanya hubungan yang baik antara orang tua serta anaknya, agar kelainan yang mungkin terjadi dapat segera diketahui serta dapat memberikan stimulus tumbuh kembang anak secara keseluruhan dari segala aspek, seperti jasmani, psikis dan sosial. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya hubungan pemberian stimulasi tumbuh kembang oleh orang tua dengan perkembangan bicara dan bahasa balita umur 29-59 bulan di Kelompok Bermain Lentera Bangsa Kota Kediri. Desain penelitian menggunakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini sejumlah 31 balita usia 29-59 bulan, sampel sebanyak 31 dengan total sampling. Instrumen menggunakan kuesioner tentang stimulasi oleh orang tua dan lembar observasi (KPSP). Hasil dianalisis menggunakan uji fisher exact yang hasilnya ada hubungan antara stimulasi tumbuh kembang oleh orang tua dengan perkembangan bicara dan bahasa pada balita usia 29-59 bulan di Kelompok Bermain Lentera Bangsa Kota Kediri. Pemberian stimulasi tumbuh kembang oleh orang tua berperan penting dalam perkembangan kemampuan berbicara dan berbahasa pada balita.
Downloads
References
Fernando, F., & Pebrina, M. (2018). Hubungan Stimulasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bicara dan Bahasa Anak Usia Batita The Relationship of Parents ’ Stimulation on The Development of Talk And Language Children Age. Jurnal Ilmu Kesehatan, 3(2), 140–145. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33757/jik.v3i2.144
Hati, F. S., & Lestari, P. (2016). Pengaruh Pemberian Stimulasi pada Perkembangan Anak Usia 12-36 Bulan di Kecamatan Sedayu, Bantul. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 4(1), 44. https://doi.org/10.21927/jnki.2016.4(1).44-48
Khofiyah, N. (2020). Edukasi Berpengaruh terhadap Pemberian Stimulasi Perkembangan Anak Usia 12-24 Bulan oleh Ibu di Posyandu Desa Tambakrejo Kabupaten Puworejo. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 7(2), 231–238. https://doi.org/10.26699/jnk.v7i2.art.p231-238
Khoiriyati, S., & Fansurullah, N. (2018). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. OSF Preprints, June, 1–13. https://doi.org/10.31219/osf.io/j5qcv
Komalasari Wuri. (2019). Hubungan pekerjaan dan pendidikan dengan perkembangan bahasa pada anak usia toodler di wilayah kerja puskesmas lubuk buaya padang tahun 2018. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmu, XIII(5), 169–176. https://doi.org/https://doi.org/10.33559/mi.v13i4.1322
Putra, A. Y., Yudiemawat, A., & Maemunah, N. (2018). Pengaruh Pemberian Stimulasi Oleh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Toddler Di PAUD Asparaga Malang. Nursing News, 3(1), 563–571. https://doi.org/https://doi.org/10.33366/nn.v3i1.828
Putri Mutiara, I. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan balita di Desa Tirtosari Kecamatan Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal IImu Kebidanan, 8(15), 1–15. http://jurnal.stikesmukla.ac.id/index.php/involusi/article/view/327
Ririn Muthia Zukhra, & Suci Amin. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Tumbuh Kembang Terhadap Perkembangan Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Baru. Jurnal Ners Indonesia, 8(1), 8–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jni.8.1.8-14
Rohmah, M., Astikasari, N. D., & Weto, I. (2018). Analisis Pola Asuh Orang Tua Dengan Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia 3-5 Tahun. OKSITOSIN : Jurnal Ilmiah Kebidanan, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.35316/oksitosin.v5i1.358
Sari, L., & Zulaikha, F. (2020). Hubungan Stimulasi Orang Tua, Pola Asuh dan Lingkungan Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah di PAUD Kota Samarinda. Borneo Student Research (BSR), 1(3), 2235–2242. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/929
Setijaningsih, T., & Noviana, W. (2017). Pelaksanaan Stimulasi Perkembangan Bahasa dan Bicara Anak Usia 0-3 Tahun dalam Keluarga di Posyandu Seruni Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 4(2), 160–167. https://doi.org/10.26699/jnk.v4i2.art.p160-167
Suhadi, & Istanti. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Tingkat Keterlambatan Bicara dan Bahasa pada Anak Usia 2-5 Tahun. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 2(2), 227–234. https://doi.org/10.37287/jppp.v2i2.115
Sumaryanti, L. (2017). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Muaddib, 7(01), 40–42. https://doi.org/10.24269/muaddib.v7i01.552
Utaminingtyas, F. (2019). Pengaruh Pemberian Stimulasi Terhadap Perkembangan Anak Umur 12-24 Bulan Di Desa Lembu, Bancak. Jurnal Kebidanan, 11(02), 117. https://doi.org/10.35872/jurkeb.v11i02.348
Wade, M., Jenkins, J. M., Venkadasalam, V. P., Binnoon-Erez, N., & Ganea, P. A. (2018). The role of maternal responsiveness and linguistic input in pre-academic skill development: A longitudinal analysis of pathways. Cognitive Development, 45(March 2017), 125–140. https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2018.01.005
Waqidil, H., & Andini, C. K. (2016). Hubungan antara Tingkat Pendidikan Ibu dengan Perkembangan Balita Usia 3-5 Tahun (Suatu Studi di Kelurahan Kadipaten Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro Tahun 2014). Asuhan Kesehatan, 7(2), 27–31. http://ejournal.rajekwesi.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-kesehatan/article/view/134/116
Yunita, D., Luthfi, A., & Erlinawati. (2020). Hubungan pemberian stimulasi dini dengan perkembangan motorik pada balita di desa tanjung berulak wilayah kerja puskesmas kampar tahun 2019. Jurnal Kesehatan Tambusai, 1(2). https://doi.org/10.31004/jkt.v1i2.1106
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License