CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DALAM SCREENING KESEHATAN

Authors

  • Elfi Quyumi Rahmawati Universitas STRADA Indonesia

Keywords:

skrining Kesehatan; Contextual Teaching & Learning; anak sekolah

Abstract

Salah satu peran tenaga kesehatan adalah transformasi layanan primer dengan memperkuat aktivitas promotif preventif untuk dapat membuat masyarakat sehat, meningkatkan kapasitas layanan primer, serta skrining Kesehatan. Tanggung jawab perawat pada area skrining adalah melakukan skrining, melatih kader untuk melakukan prosedur skrining, merujuk hasil skrining sesuai kebutuhan serta follow up terhadap hasil skrining. Mahasiswa keperawatan merupakan calon tenaga kesehatan, perlu memahami aktivitas promotif preventif, khususnya skrining Kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pengetahuan mahasiswa tentang program skrining kesehatan pada anak sekolah dan kader Kesehatan remaja. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-post test design dimana merupakan salah satu rancangan penelitian pra-eksperimental. Pengambilan data menggunakan lembar kuesioner untuk menilai pengetahuan tentang program skrining Kesehatan pada anak sekolah, dengan sampel 40 mahasiswa D3 Keperawatan tingkat dua. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistic (Wilcoxon Sign Rank Test). Penelitian menemukan bahwa ada terdapat peningkatan pengetahuan tentang program skrining kesehatan pada anak sekolah dengan menggunakan Contextual Teaching & Learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abbasiah, dkk, . Bunga Rampai Promosi Kesehatan. Banyumas: PT. Pena Persada Kerta.

I Ketut Swarjana. Keperawatan Kesehatan Komunitas. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.

Nehe, dkk. 2024. Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi dimensi tiga. Jejak Publisher.

Ponidi, dkk. 2021. Model Pembelajaran Inovatif dan kreatif. Jawa Barat : CV adanu abimata.

Sugiarto. 2020. Contextual Teaching dan Learning (CTL). CV. Mine

Sugiyanto&Lilik, 2009. Pendidikan Orang Dewasa Andragogi. Malang: UB Press

Sunarsih. 2020. Pembelajaran CTL (Contextual Teach and Learning), belajar menulis berita lebih mudah. Jawa Barat : Penerbit Adab. ISBN :978-623-6872-10-9

Tim Penyusun SKI. 2023. Survei Kesehatan Indonesia (SKI). Jakarta : Kemenkes BKPK

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif ± Progresif. Jakarta. Kencana

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-10-22

How to Cite

CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DALAM SCREENING KESEHATAN. (2024). Judika (Jurnal Nusantara Medika), 8(2), 113-121. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/akper/article/view/24867

Similar Articles

1-10 of 111

You may also start an advanced similarity search for this article.