Main Article Content

Abstract

Orang tua memiliki cara dan pola tersendiri dalam mengasuh, membimbing dan mendidik anak. Kemandirian anak yang mendapat pola asuh yang tepat dari orang tua akan lebih baik dibandingkan kemandirian anak yang mendapatkan pola asuh yang kurang tepat dari orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dengan tingkat kemandirian anak usia 4-6 tahun di TK Melati Dharma Wanita Mojoroto Kediri. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik korelasi. Jumlah sampel sebanyak 30 responden, dengan menggunakan teknik consecutive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa  tidak ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian anak usia 4-6 tahun, dibuktikan dengan hasil uji statistik chi kuadrat (x2) = 10,2 < 12,592,  oleh karena x2h < x2t maka H1 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemandirian anak selain pola asuh orang tua. Diharapkan orangtua  mempertahankan pola asuh yang tepat dalam suasana yang nyaman dan kondusif bagi kemandirian anak.

Keywords

pola asuh orang tua, tingkat kemandirian anak

Article Details

How to Cite
Aizah, S. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Anak Usia 4-6 Tahun Di TK Melati Dharma Wanita Mojoroto Kediri. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 4(2), 47-55. https://doi.org/10.29407/judika.v4i2.15377

References

  1. Arikunto, Suharsimi. (2003). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta
  2. Arikunto, Suharsimi (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Karya Cipta
  3. Basri, Hasan. (2000). Remaja Berkualitas (Problematika Remaja dan Solusinya). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Munandar, Utami (2003). Agar Anak Mandiri, (http//duniabalita.wordpress.com). Diakses 6 Nopember 2014.
  5. Mochtar, Fuad Suhadi. (2009). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Emosional Siswa di SMK Negeri 2 Batu. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.
  6. Mutadin, Zainum. (20008). Pola Asuh Anak. ,http://www.halalquide.info.polaasuh. Diakses tanggal 11 Oktober 2014.
  7. Netty, Arabiah (2002). Tumbuh Kembang Anak Dan Faktor Pembentuk Kemandirian Anak. http://pondokibu.Com. Diunduh tanggal 15 Oktober 2014.
  8. Noor, Rohinah M. (2009). Orangtua Bijaksana Anak Bahagia: Panduan Bagi Orangtua Untuk Mencetak Anak Cerdas Dan Bahagia. Jogjakarta: Katahati.
  9. Notoadmojo, Soekidjo. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
  10. Nursalam. (2003). Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: Sagung Satu.
  11. Prasetya, G.Tembong. 2003. Pola Pengasuhan Ideal. Jakarta: Elex Media Komputindo.
  12. Petranto. (2006). Rasa Percaya Diri Anak Adalah Pantulan Pola Asuh Orang Tuanya. http://www.bulletindwiputri.jenewa.com. 15 Oktober 2014.
  13. Sochib, Mohammad (2000). Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Rineka Cipta.
  14. Supartini. (2004). Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.
  15. Wawan, Junaedi, (2010). Macam-Macam Pola Asuh Orangtua. http://blogspot.com. Diunduh tanggal 21 Desember 2014.
  16. Wilda, (2007). Akibat Kegagalan Pola Asuh. http://www.pikiranrakyat.com. Diakses 15 Oktober 2014.