Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


 


Pendahuluan : Cedera kepala adalah suatu gangguan traumatik dan fungsi otak yang disertai atau tanpa disertai perdarahan interstitial dalam substansi otak tanpa diikuti terputusnya kontinuitas otak. Kualitas hidup (Quality of Life) digunakan dalam bidang pelayanan kesehatan untuk menganalisis emosional seseorang, faktor sosial, dan kemampuan untuk memenuhi tuntutan kegiatan dalam kehidupan secara normal dan dampak sakit dapat berpotensi untuk penurunan kualitas hidup terkait kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kualitas hidup pada pasien pasca cedera kepala di Kabupaten Kediri.


Metode : Desain penelitian adalah Deskriptif, besar sampel 6 responden yang memenuhi kriteria penelitian dengan menggunakan teknik total sampling dan variabel tunggal penelitian gambaran kualitas hidup pada pasien pasca cedera kepala di Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner, pengelolaan data dengan prosentase yang diinterpretasikan secara kualitatif. Pelaksanaan penelitian tanggal 26 Mei – 30 Juni 2018.


Hasil : Dari hasil penelitian diatas didapatkan hasil bahwa setengah dari responden memiliki kualitas hidup cukup baik yaitu 50% dan setengah dari responden memiliki kualitas hidup baik yaitu sebanyak 50%.


Analisis : Faktor – faktor yang mempengaruhi kualitas hidup pada pasien dengan cedera kepala adalah usia yaitu sekitar usia > 50 tahun, status perkawinan yaitu responden yang belum menikah dan riwayat lama rawat inap.


Kesimpulan : Oleh karena itu diharapkan responden mampu meningkatkan kesehatan yang lebih baik. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara meningkatkan keyakinan serta meningkatkan potensi dalam diri meliputi penekanan pada aspek spiritual, motivasi dan semangat baik dalam diri responden sendiri maupun dari keluarga terdekat dari responden sehingga kualitas hidupnya akan menjadi lebih baik.


 


Kata kunci : Cedera Kepala, Kualitas Hidup

Article Details

How to Cite
purnamasari, vela, & maystasari, erina. (2019). vela purnamasari KUALITAS HIDUP PADA PASIEN PASCA MENGALAMI CEDERA KEPALA DI KABUPATEN KEDIRI. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 3(1), 54-62. https://doi.org/10.29407/judika.v3i1.12826