Main Article Content

Abstract

Latar Belakang hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang di golongkan sebagai the silent killer (Pembunuh diam-diam). Salah satu solusi non farmakologis dalam mengatasi penyakit ini yaitu dengan pemberian sari buah labu siam, karena labu siam berkhasiat untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah karena memiliki sifat diuretic yang ringan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh sari buah labu siam terhadap penurunan tekanan darah sebelum dan sesudah pemberian sari buah labu siam pada lansia penderita hipertensi di UPTD  Kesejahteraan  Sosial  Lanjut  Usia  Di  Kupang. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Pre Experimental dengan rancangan penelitiannya Pre-Test and Post-Test One Group Design, dengan jumlah 20 responden yang diambil secara Purposive Non Random Sampling. Hasil berdasarkan hasil uji statististik Paired Sample T-Test diperoleh nilai p = 0,000 lebih kecil dari pada 0,05 (0,000<0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh sari buah labu siam terhadap penurunan tekanan darah pada lansia penderita hipetensi di UPTD Kesejahteraan  Sosial  Lanjut  Usia  Di  Kupang. Kesimpulan pemberian sari buah labu siam cukup berpengaruh dalam menurunkan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi,sehingga diharapkan tenaga kesehatan khususnya perawat lebih aktif dalam memberikan penyuluhan tentang manfaat labu siam (Sechium edule) terhadap penurunan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi sebagai pengobatan non farmakologi.

Keywords

Sari buah labu siam, Tekanan Darah, Hipertensi

Article Details

How to Cite
Yakub, N. P., & Frare, D. Y. (2020). Pengaruh Sari Buah Labu Siam Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi Di UPTD Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia Di Kupang Tahun 2017. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 4(2), 97-105. https://doi.org/10.29407/judika.v4i2.14707

References

  1. Arikunto, S.2010. Prosedur Penilitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Dalimartha, S, dkk. 2008. Care Your Self Hipertensi. Jakarta: Penebar Plus.
  2. Dinas Kesehatan Kota Kupang. 2015. Laporan Bulanan Penyakit.
  3. Guyton,A. C., & Hall, J. E. 2008. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Edisi 11. Jakarta:EGC KemenkesRI. 2013. Masalah Hipertensi di Indonesia. Diperoleh tanggal 16 Oktober 2016 dari http://www.depker.go.id/index.php.
  4. Kurnia, E. 2015. Pengaruh Sari Buah Labu Siam Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi Di PSTW Budhi Luhur Kasongan Bantul Yogyakarta.
  5. Nisa, I. 2012. Ajaibnya Terapi Herbal Tumpas Penyakit Darah Tinggi. Jakarta: Dunia Sehat. Wati. 2012. Pengaruh Perasan Labu Siam Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Dusun Krajan Desa Nyatnyono Unggaran Barat.
  6. Yuninda, E, 2009. Pengaruh Jus Labu Siam (Sechium Edule) Terhadap Tekanan Darah Wanita Dewasa. Universitas Kristen Maranatha.
  7. Nisa. 2012. Khasiat Sakti Tanaman Obat Untuk Darah Tinggi. Jakarta: Niaga Swadaya.
  8. Junaidi, Iskandar, 2010. Hipertensi Pengenalan, Pencegahan, dan Pengobatan. Jakarta :PT. Bhuana Ilmu Populer.