nove lestari EFEKTIVITAS PEER GROUP EDUCATION TERHADAP KUALITAS HIDUP LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI POSYANDU LANSIA DESA DARUNGAN KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

nove lestari

Abstract

Gangguan kesehatan yang paling sering dialami lansia adalah hipertensi, hal ini dapat mempengaruhi penurunan kualitas hidup lansia. Upaya dalam meningkatkan kualitas hidup lansia dapat melalui Peer Group Education. Peer Group Education adalah proses penyampaian edukasi dan informasi yang disampaikan pada kelompok orang yang merasa memiliki beberapa kesamaan baik dari segi usia, pola pikir, minat atau hal yang lain kepada orang yang mengaku atau mempunyai hal serupa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh Peer Group Education terhadap kualitas hidup lansia dengan hipertensi. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan teknik simpel random sampling dengan populasi 24 orang dan sampel 8 orang di Posyandu Lansia Desa Darungan. Alat ukur yang digunakan adalah untuk variabel independen menggunakan SOP (standar operasional pelaksanaan) dan untuk variabel dependen menggunakan kuesioner kualitas hidup. Hasil penelitian tentang pengaruh peer group education terhadap kualitas hidup lansia dengan hipertensi didapatkan 100%  sebelum peer group education memiliki kualitas hidup sedang dan setelah dilakukan hampir 50% memiliki kualitas hidup tinggi. Berdasarkan Wilcoxon Signed Ranks Test untuk mengetahui Pengaruh Peer Group Education Terhadap Kualitas Hidup Lansia Dengan Hipertensi didapatkan p-value sebesar 0.047 α=0,05 maka p-value<α sehingga disimpulkan bahwa H1 diterima atau dapat dikatakan Peer Group Education dapat berpengaruh terhadap Kualitas Hidup Lansia Dengan Hipertensi di Posyandu Lansia Desa Darungan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Diharapkan di setiap Posyandu lansia  mampu mengaktifkan kegiatan Peer Group Education sebagai wadah diskusi dan menambah informasi serta untuk meningkatkan kualitas hidup lansia.


 


Kata kunci : Peer Group Education, Kualitas Hidup, Lansia, Hipertensi

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
lestari, nove. (2019). nove lestari EFEKTIVITAS PEER GROUP EDUCATION TERHADAP KUALITAS HIDUP LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI POSYANDU LANSIA DESA DARUNGAN KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 3(1), 39–45. https://doi.org/10.29407/judika.v3i1.12824