Main Article Content
Abstract
Gangguan kesehatan yang paling sering dialami lansia adalah hipertensi, hal ini dapat mempengaruhi penurunan kualitas hidup lansia. Upaya dalam meningkatkan kualitas hidup lansia dapat melalui Peer Group Education. Peer Group Education adalah proses penyampaian edukasi dan informasi yang disampaikan pada kelompok orang yang merasa memiliki beberapa kesamaan baik dari segi usia, pola pikir, minat atau hal yang lain kepada orang yang mengaku atau mempunyai hal serupa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh Peer Group Education terhadap kualitas hidup lansia dengan hipertensi. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan teknik simpel random sampling dengan populasi 24 orang dan sampel 8 orang di Posyandu Lansia Desa Darungan. Alat ukur yang digunakan adalah untuk variabel independen menggunakan SOP (standar operasional pelaksanaan) dan untuk variabel dependen menggunakan kuesioner kualitas hidup. Hasil penelitian tentang pengaruh peer group education terhadap kualitas hidup lansia dengan hipertensi didapatkan 100% sebelum peer group education memiliki kualitas hidup sedang dan setelah dilakukan hampir 50% memiliki kualitas hidup tinggi. Berdasarkan Wilcoxon Signed Ranks Test untuk mengetahui Pengaruh Peer Group Education Terhadap Kualitas Hidup Lansia Dengan Hipertensi didapatkan p-value sebesar 0.047 α=0,05 maka p-value<α sehingga disimpulkan bahwa H1 diterima atau dapat dikatakan Peer Group Education dapat berpengaruh terhadap Kualitas Hidup Lansia Dengan Hipertensi di Posyandu Lansia Desa Darungan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Diharapkan di setiap Posyandu lansia mampu mengaktifkan kegiatan Peer Group Education sebagai wadah diskusi dan menambah informasi serta untuk meningkatkan kualitas hidup lansia.
Kata kunci : Peer Group Education, Kualitas Hidup, Lansia, Hipertensi
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License