Main Article Content
Abstract
Draft desain kurikulum entrepreneurship secara monolitik di prodi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA), yaitu sebuah desain kurikulum berbasis entrepreneurship yang nantinya akan di internalisasikan pada mata kuliah PKn dan seluruh aktifitas kegiatan mahasiswa baik di dalam maupun di luar kampus sehingga memberikan dampak yang berpengaruh terhadap life skill mahasiswa setelah lulus dari perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) model pengembangan Dick dan Carey dengan melalui tahap 1) analisis (analyze) yang memuat tiga langkah prosedural pada model pengembangan Dick and Carey di antaranya menganalisis kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan dari pengembangan desain kurikulum entrepreneurship secara monolitik pada mata kuliah PKn (asses needs to identity goals), menganalisis intruksional (conduct instructional analysis), dan menganalisis pembelajar dan konteks (analysis learners and contexts), 2) pengembangan (develop), 3) desain (design), dan 4) implementasi (implement). Berdasarkan hasil uji coba I dengan rata-rata skor 4,1 dengan kriteria baik dan uji coba II dengan rata-rata skor 4,5 dengan kriteria sangat baik yang telah dilaksanakan pada penelitian ini ditemukan sebuah data baru bahwa mata kuliah PKn pada prodi PGSD akan bisa berjalan lebih menarik jika para dosen berminat untuk melakukan sebuah pengembangan dalam prose pembelajaran. Seperti dengan menggunakan sistem pembelajaran mata kuliah PKn dengan integrasi karakter entrepreneurship secara monolitik. Hal ini ditunjukkan agar mahasiswa agar memiliki ketertarikan dalam proses pembelajaran PKn dan pada saat pembelajaran PKn tidak hanya mempelajari materi teori saja, tapi juga dapat belajar tentang nilai-nilai karakter. Setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan integrasi karakter entrepreneurship secara monolitik pada mata kuliah PKn mulai nampak adanya perubahan terhadap gaya belajar mahasiswa, sehingga orientasinya adalah lebih pada mengembangkan sebuah kepribadian dan karakter mahasiswa untuk lebih memiliki sikap analisis serta kritis. Hasil dari proses pembalajaran juga menunjukan mahasiswa lebih responsif terhadap segala kejadian dan peristiwa yang ada dan terjadi disekitar lingkungan sosialnya, hal ini mulai nampak pada saat mahasiswa melakukan presentasi terhadap gagasan dan ide yang akan dilakukan pada saat mereka kembali berada pada lingkungan masyarakat, ada materi yang dibahas akan selalu dikaitkan mengenai peran seorang calon guru terhadap kehidupan masyarakat sekitar.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author (s)
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
- Borg & Gall. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif. New York: MacMilllan Publishing Company
- Tirtoni, F. 2016. Preliminary research Tentang Respon Mahasiswa S1-PGSD Umsida terhadap Kurikulum Entrepreneurship Secara Monolitik di Prodi PGSD FKIP UMSIDA . (Penelitian tidak dipublikasikan)
- Bobbit, F. 2014. Integrasi Kurikulum Enterprenuership dan teori pendekatannya. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.
- Jackson, P. W. 1991. Handbook of Research on Curriculum. New York: MacMilllan Publishing Company
- Mantja, W. 2008. Etnografi Desain Penelitian Kualitatif Pendidikan dan Manajemen Pendidikan. Malang: Elang Mas.
- Mastiono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif PTK R&D. Surakarta: Fairuz Media
- Moleong, L. J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
- Nana Sujana, 2005, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Enterprenuership di Sekolah, Jakarta : Sinar Baru Algensindo.
- Parkay, Forrest W; Hass, Glen J; Anctil, Eric J. 2010. Curriculum Leadership: Reading for Developing Quality Educational Programs. (Ninth Edition). Boston: Pearson
- Raka, I.I.D.G. 2008. Pembangunan Karakter dan Pembangunan Bangsa: Menengok Kembali Peran Perguruan Tinggi, Bandung: Majelis Guru Besar ITB.
- Rohman, Muhammad. 2012. Kurikulum Enterprenuership Berkarakter. Jakarta:Prestasi Pustakarya.