Preliminary Research Tentang Perumusan dan Pengembangan Desain Kurikulum Entrepreneurship secara Monolitik (Studi pada Mata Kuliah PKn di Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)

  • Feri Tirtoni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Fidaus Su’udiyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstract

 
Draft desain kurikulum entrepreneurship secara monolitik di prodi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA), yaitu sebuah desain kurikulum berbasis entrepreneurship yang nantinya akan di internalisasikan pada mata kuliah PKn dan seluruh aktifitas kegiatan mahasiswa baik di dalam maupun di luar kampus  sehingga memberikan dampak yang berpengaruh terhadap life skill mahasiswa setelah lulus dari perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) model pengembangan Dick dan Carey dengan melalui tahap 1) analisis (analyze) yang memuat tiga langkah prosedural pada model pengembangan Dick and Carey di antaranya menganalisis kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan dari pengembangan desain kurikulum entrepreneurship secara monolitik  pada mata kuliah PKn (asses needs to identity goals), menganalisis intruksional (conduct instructional analysis), dan menganalisis pembelajar dan konteks (analysis learners and contexts), 2) pengembangan (develop), 3) desain (design), dan 4) implementasi (implement). Berdasarkan hasil uji coba I dengan rata-rata skor 4,1 dengan kriteria baik dan uji coba II dengan rata-rata skor 4,5 dengan kriteria sangat baik yang telah dilaksanakan pada penelitian ini ditemukan sebuah data baru bahwa mata kuliah PKn pada prodi PGSD akan bisa berjalan lebih menarik jika para dosen berminat untuk melakukan sebuah pengembangan dalam prose pembelajaran. Seperti dengan menggunakan sistem pembelajaran  mata kuliah PKn dengan integrasi karakter entrepreneurship secara monolitik. Hal ini ditunjukkan agar mahasiswa agar memiliki ketertarikan  dalam proses pembelajaran PKn dan pada saat pembelajaran PKn tidak hanya mempelajari materi teori saja, tapi juga dapat belajar tentang nilai-nilai karakter. Setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan integrasi karakter entrepreneurship secara monolitik pada mata kuliah PKn mulai nampak adanya perubahan terhadap gaya belajar mahasiswa, sehingga orientasinya adalah lebih pada mengembangkan sebuah kepribadian dan karakter mahasiswa untuk lebih memiliki sikap analisis serta kritis. Hasil dari proses pembalajaran juga menunjukan mahasiswa lebih responsif terhadap segala kejadian dan peristiwa yang ada dan terjadi disekitar lingkungan sosialnya, hal ini mulai nampak pada saat mahasiswa melakukan presentasi terhadap gagasan dan ide yang akan dilakukan pada saat mereka kembali berada pada lingkungan masyarakat, ada materi yang dibahas akan selalu dikaitkan mengenai peran seorang calon guru terhadap kehidupan masyarakat sekitar.

References

Borg & Gall. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif. New York: MacMilllan Publishing Company
Tirtoni, F. 2016. Preliminary research Tentang Respon Mahasiswa S1-PGSD Umsida terhadap Kurikulum Entrepreneurship Secara Monolitik di Prodi PGSD FKIP UMSIDA . (Penelitian tidak dipublikasikan)
Bobbit, F. 2014. Integrasi Kurikulum Enterprenuership dan teori pendekatannya. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Jackson, P. W. 1991. Handbook of Research on Curriculum. New York: MacMilllan Publishing Company
Mantja, W. 2008. Etnografi Desain Penelitian Kualitatif Pendidikan dan Manajemen Pendidikan. Malang: Elang Mas.
Mastiono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif PTK R&D. Surakarta: Fairuz Media
Moleong, L. J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Nana Sujana, 2005, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Enterprenuership di Sekolah, Jakarta : Sinar Baru Algensindo.
Parkay, Forrest W; Hass, Glen J; Anctil, Eric J. 2010. Curriculum Leadership: Reading for Developing Quality Educational Programs. (Ninth Edition). Boston: Pearson
Raka, I.I.D.G. 2008. Pembangunan Karakter dan Pembangunan Bangsa: Menengok Kembali Peran Perguruan Tinggi, Bandung: Majelis Guru Besar ITB.
Rohman, Muhammad. 2012. Kurikulum Enterprenuership Berkarakter. Jakarta:Prestasi Pustakarya.
Published
2018-07-10
How to Cite
TIRTONI, Feri; SU’UDIYAH, Fidaus. Preliminary Research Tentang Perumusan dan Pengembangan Desain Kurikulum Entrepreneurship secara Monolitik (Studi pada Mata Kuliah PKn di Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 43-52, july 2018. ISSN 2579-6461. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11979>. Date accessed: 23 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i1.11979.