UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY) PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SISWA SDN TIRON 1 KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI

Authors

  • Siti Qotijah SDN Tiron 1 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/pn.v1i01.102

Abstract

Abstrak: Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran penemuan (discovery)? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran penemuan (discovery) terhadap motivasi  belajar siswa?

Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran penemuan (discovery). (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi  belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran penemuan (discovery).

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah Siswa Kelas V SDN Tiron 1  Kecamatan Banyakan,  Kabupaten Kediri, Data yang diperoleh berupa hasil tes, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68 %), siklus II (75 %), siklus III ( 85 %).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode penemuan (discovery) dapat berpengaruh positif terhadap motivasi  belajar Siswa Kelas V SDNTiron 1  Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA.

 

Kata Kunci: pembelajaran IPA, metode penemuan (discovery)

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2015-04-15

How to Cite

Qotijah, S. (2015). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY) PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SISWA SDN TIRON 1 KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.29407/pn.v1i01.102