Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII-I SMPN 7 Kediri pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Prosedur dengan Menerapkan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition
Abstract
Proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII-I SMPN 7 Kediri mengalami beberapa kendala. Kendalanya adalah sebagian besar peserta didik menganggap bahwa Bahasa Indonesia adalah pelajaran yang sulit. Kondisi seperti ini menyebabkan peserta didik kebanyakan diam (pasif), kurang aktif dalam bertanya maupun dalam menjawab pertanyaan dalam proses belajar mengajar. Bahkan beberapa peserta didik sering meninggalkan ruangan kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, dengan alasan yang bermacam-macam, di antaranya, karena tidak suka dengan cara guru mengajar, merasa bosan dengan metode mengajar guru dan sebagainya. Maka dari itu diperlukan penerapan metode yang sesuai dengan pembelajaran. Peneliti memilih sebuah strategi pembelajaran yaitu Auditory, Intellectually, Repetition. Sebelum diadakan tindakan, motivasi peserta didik rendah, yaitu dengan skor 2,78. Setelah tindakan, pada siklus I terjadi peningkatan motivasi peserta didik dengan skor rata-rata sebesar 3,11. Pada siklus II skor motivasi peserta didik meningkat menjadi 4,67. Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum tindakan menunjukkan rata-rata sebesar 73,3. Sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 76,7. Pada siklus II meningkat menjadi 81. Jumlah peserta didik yang tuntas sebelum dilaksanakan tindakan kelas adalah 14 dari dari 30 peserta didik yang nilainya tuntas mencapai KKM (47%). Setelah diadakan tindakan kelas, meningkat menjadi 19 dari 30 peserta didik yang nilainya tuntas mencapai KKM (63%) pada siklus I, sedangkan pada siklus II ada 24 dari 30 peserta didik yang nilainya tuntas mencapai KKM (80%).
Downloads
References
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa, E. 2010. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2019 PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License