PENINGKATAN PEMAHAMAN ISI BACAAN MELALUI TEKNIK MEMBACA DENGAN INTONASI TEPAT
DOI:
https://doi.org/10.29407/pn.v1i01.110Abstract
Abstrak: Kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa Sekolah Dasar adalah membaca dan menulis. Keberhasilan belajar siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar-mengajar di sekolah sangat ditentukan oleh penguasaan kemampuan membaca siswa. Untuk itu, perlu dipikirkanupaya untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap isi bacaan, sehingga dapatmeningkatkan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan. Sekaligus meningkatkan kualitas guru dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam teknik pemahaman bacaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus.Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian adalah siswa kelas V SDN Mukuh II Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri.Melalui pengolahan data hasil observasi dan evaluasi diketahuiterjadi peningkatan rata – rata nilai Bahasa Indonesia kelas V SDN Mukuh II setelah penerapan teknik membaca dengan intonasi yang tepat.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License