PENINGKATAN PEMAHAMAN ISI BACAAN MELALUI TEKNIK MEMBACA DENGAN INTONASI TEPAT

  • warini warini SDN Mukuh II Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri.
Abstract views: 336 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 212

Abstract

Abstrak: Kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa Sekolah Dasar adalah membaca dan menulis. Keberhasilan belajar siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar-mengajar di sekolah sangat ditentukan oleh penguasaan kemampuan membaca siswa. Untuk itu, perlu dipikirkanupaya untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap isi bacaan, sehingga dapatmeningkatkan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan. Sekaligus meningkatkan kualitas guru dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam teknik pemahaman bacaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus.Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian adalah siswa kelas V SDN Mukuh II Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri.Melalui pengolahan data hasil observasi dan evaluasi diketahuiterjadi peningkatan rata – rata nilai Bahasa Indonesia kelas V SDN Mukuh II setelah penerapan teknik membaca dengan intonasi yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2015-04-15
How to Cite
warini, warini. (2015). PENINGKATAN PEMAHAMAN ISI BACAAN MELALUI TEKNIK MEMBACA DENGAN INTONASI TEPAT. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.29407/pn.v1i01.110