Metode Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Menyimpulkan Isi Puisi Siswa Kelas VII G MTsN 9 Ngawi Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Sulastri Sulastri MTsN 9 Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12184

Keywords:

pembelajaran discovery, hasil belajar, puisi

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode discovery dalam belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII-G MTsN 9 Ngawi tahun pelajaran 2017/2018; dan  (2) Mengetahui penerapan metode discovery dalam belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VII-G MTsN 9 Ngawi semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-G MTsN 9 Ngawi di Kabupetan Ngawi. Prosedur penelitian dengan melakukan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) tingkat keberhasilan siswa pada siklus I adalah 28 % + 4 % = 32 %. Siswa yang mampu menyimpulkan isi puisi rakyat sebanyak 8 siswa dan yang belum bisa menyimpulkan isi puisi sebanyak 17 siswa. Sedangkan, tingkat keberhasilan siswa pada siklus II adalah 56 % + 24 % = 80%. Siswa yang mampu menyimpulkan isi puisi rakyat sebanyak 20 siswa.  (2) Model pembelajaran discovery memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan kuktasan belajar siswa dalam setiap siklus, pada siklus I (32%) dan siklus ke II (80%). Penerapan cara belajar menyimpulkan isi puisi rakyat model pembelajaran discoveryberpengaruh dalam menigkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan keluwesan berbicara siswa dalam menyimpulkan isi puisi rakyat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineksa Cipta.

Baker, G.. (2001). Action Research In Elementary Education : The Strrategic Pratice. http://www.ed.gov/databases/ERICDigest/Ed401047. html. (6 januari 2017).

Kemmis, S. and McTaggart, R. (eds) (1988) The Action Research Planner. (Third Edition) Waurn Ponds: Deakin University Press.

Martin, L. A. (2008). Elementary and Secondary Teacher Education Students’ Perspectives on Citizenship. Action in Teacher Education, 30(3), 54–63. https://doi.org/10.1080/01626620.2008.10463502

Permana, E. P. (2015). Pengembangan Media Pembejaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.23917/ppd.v2i2.1648

Permana, E. P. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 49–58.1(2). https://doi:10.29407/jpdn.v1i2.210

Ryan, M., Taylor, M., Barone, A., Della Pesca, L., Durgana, S., Ostrowski, K., … Pikaard, K. (2017). Teacher as Researcher, Teacher as Scholar, and Teacher as Leader. The New Educator, 13(2), 102–116. https://doi.org/10.1080/1547688X.2016.1144120

Yuliantini, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Akademis Emosional Untuk Peningkatan Prestasi Belajar (PTK pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 86 Kota Bengkulu). PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(1), 49–53. https://doi.org/10.29407/pn.v3i1.913

PlumX Metrics

Published

2018-08-21

How to Cite

Sulastri, S. (2018). Metode Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Menyimpulkan Isi Puisi Siswa Kelas VII G MTsN 9 Ngawi Tahun Pelajaran 2017/2018. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 7–10. https://doi.org/10.29407/pn.v4i1.12184