Penerapan Metode Pembelajaran Pencarian Informasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Kesebangunan Kelas IX A SMPN 3 Kediri

Authors

  • Nanik Purwanti SMPN 3 Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.12865

Keywords:

Pencarian Informasi, Hasil Belajar, Matematika, Kesebangunan

Abstract

Proses pembelajaran matematika di kelas IX A terkendala karena siswa yang tidak aktif. Kurangnya keaktifan siswa membuat proses pembelajaran menjadi tidak optimal. Padahal dalam pelajaran khususnya Matematika siswa harus banyak berlatih agar bisa mengerjakan soal-soal. Selain masalah keaktifan, nilai hasil belajar siswa juga cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai hasil belajar matematika siswa kelasIX A SMPN 3 Kediridengan metode pembelajaranPencarian Informasi. Penerapan metode ini adalah dimulai dari guru menjelaskan materi, guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Selanjutnya guru memberikan tugas pada masing-masing kelompok, dan siswa menyelesaikan tugas tersebut dengan bantuan referensi yang ada. Setelah selesai, guru meminta siswa untuk menuliskan jawaban di papan tulis. Langkah terakhir yaitu guru bersama-sama siswa membahas lembar kerja.Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah terdapat lebih dari 75% siswa yang tuntas KKM. Berdasarkan data penelitian dapat dilihat bahwa pada prasiklus terdapat 44% (15) siswa tuntas KKM. Kemudian, pada siklus I terdapat 59% (20) siswa tuntas KKM.Kemudian, pada siklus II terdapat 88% (30) siswa tuntas KKM. Keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan didapat saat siklus II, yaitu 88% (30) siswa tuntas KKM tau lebih dari 75% siswa tuntas KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrori, Muhammad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Evaline Siregar dan Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Penerbit Gahlia Indonesia.

Ismail SM. 2009. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Semarang: RaSAIL

Permana, E. P. (2018). Pengaruh Media Sosial sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 54.

Silberman, Mel. 2012. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Yamin, Martinis dan Maisah. 2009. Manajemen Pembelajaran Kelas: Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: GP Press.

PlumX Metrics

Published

2019-09-12

How to Cite

Purwanti, N. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Pencarian Informasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Kesebangunan Kelas IX A SMPN 3 Kediri. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(1), 14–20. https://doi.org/10.29407/pn.v5i1.12865