PENGGUNAAN MULTI METODE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SATUAN WAKTU SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI KANDAT 1
Abstract
ABSTRAK: Peranan matematika dalam perkembangan kognitif anak sangatlah penting, karena dapat memberikan pengaruh dan pengalaman, sehingga anak pemikirannya berkembang kearah berpikir logis. Pengajaran matematika juga berperan dalam afektif anak, yaitu dapat mengembangkan sikap ilmiah, sikap ingin tahu, kerja sama, tidak berprasangka, berpikir bebas, dan sikap mencintai lingkungan. Di samping berperan dalam kognitif dan afektif anak, pengajaran matematika berperan terhadap perkembangan psikomotorik (keterampilan anak).
Namun, kenyataan di lapangan metode ceramah masih mendominasi pembelajaran matematika. Akibatnya siswa memiliki banyak pengetahuan, tetapi tidak terlatih untuk menemukan pengetahuan. Kenyataan menunjukkan, bahwa nilai matematika kelas 1 pada umumnya rendah, ada kesenjangan antara harapan dan kenyataan.
Dengan menggunakan multi metode, maka pembelajaran matematika dengan metode ceramah dapat diperkecil, sehingga siswa mempunyai minat untuk belajar matematika dan motivasi berprestasi meningkat. Dan apabila motivasi berprestasi meningkat, maka hasil belajar siswa meningkat pula. Hal ini terlihat dari siklus ke siklus telah terjadi peningkatan hasil belajar, yaitu 66,66%, 76,66%, dan 93,33%. Pada siklus III, ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.
Downloads
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License