Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar Matematika dengan kovariabel kemampuan numerik dan kemampuan verbal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan singlefactor independent groups design with use ofcovariate. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Gugus I Kecamatan Negara sampel pada penelitian ini berjumlah 67 siswa yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar Matematika, kemampuan numerik dan kemampuan verbal. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional serta terdapat kontribusi kemampuan numerik dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar Matematika

Keywords

kontekstual numerik verbal

Article Details

How to Cite
Lestari, N. A. P. (2019). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 5(1), 72-87. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.12845

References

  1. Dantes, N. 2017. Kerangka Dasar Rancangan Kurikulum Tahun 2013 Terkait Dengan Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelejaran TEMATIK. Makalah disampaikan pada Seminar Akademik Prodi S2 Pendidikan Dasar Pascasarjana Undiksha.
  2. Dantes, N. 2014.Analisis dan Desain Eksperimen. Singaraja: Program Pasca Sarjana Undiksha Singaraja.
  3. Marhaeni, A.A.I.N. 2013. LANDASAN DAN INOVASIPEMBELAJARAN.Singaraja : Universitas Pendidkan Ganesha.
  4. Suarniti, A. A. S., N. Dantes., & K. Wiratama. 2015. Pengaruh Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dengan Kovariabel Kemampuan Numerik Pada Siswa Kelas VI SDN di Gugus Sukawati I. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan , 5 (1) : 1-11, Tersedia pada https: //media.neliti.com. Diakses 27 Maret 2019.
  5. Suartini, M., A. A. I. N. Marhaeni., & N. Dantes. 2015. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 5 Bunutan. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 5, Tersedia pada https: //www.neliti.com. Diakses 27 Maret 2019.
  6. Sudijono, A. 2014. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
  7. Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
  8. TIMSS 2015.Science Student Achievement Infograpic Grade 4. Tersedia pada http://timss2015.org/download-center/ (diakses pada tanggal 27 Maret 2019).
  9. UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.