Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pemahaman guru SD AL-Muslim Waru Sidoarjo tentang penilaian autentik; (2) problem yang dialami guru SD AL-Muslim Waru Sidoarjo dalam mengimplementasikan penilaian autentik; (3) upaya yang dilakukan guru  SD AL-Muslim Waru Sidoarjo dalam mengatasi problem yang dihadapi dalam mengimplementasikan penilaian autentik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) guru telah menguasai konsep penilaian dan konsep penilaian autentik, (2) Problematika yang dihadapi guru dalam implementasi penilaian autentik yaitu banyak aspek yang dinilai dan teknik yang digunakan, ketersediaan waktu, karakteristik siswa, jumlah siswa, dan individu guru, (3) Guru melakukan beberapa upaya untuk mengatasi problem yang dihadapi dalam mengimplementasikan penilaian autentik, diantaranya berdiskusi dengan teman sejawat dan menambah referensi tentang penilaian autentik.

Keywords

problematika guru penilaian autentik kurikulum 2013

Article Details

How to Cite
Ma’ruf, M. (2019). Problematika Guru dalam Implementasi Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 di SD Al-Muslim Waru Sidoarjo. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 5(1), 88-107. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.12886

References

  1. Aiman, Ummu. 2016. “Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013; Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 1, Nomor 1, Mei 2016
  2. Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Cahyadi, Fajar, Apriliana Purwandi. 2014. “Penilaian Autentik Mata Pelajaran Matematika Kurikulum 2013 Guru Kelas IV Kota Semarang.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidika Guru Sekolah Dasar FIP Universitas PGRI Semarang Volume 4 Nomor 2 tahun 2014.
  5. I Made Enra, Danu Merta, Saurjana, dan Mahadewi, Luh Putu Putrini. 2015. “Analisis Penilaian Autentik Menurut Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Kelas IV SD No. 4 Banyuasari”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 3 No: 1
  6. Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Depok: Raja Grafindo Persada.
  7. Maghfirah, Siti. 2015. “Kendala Guru Pada Penerapan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Eksponen dan Logaritma Di Kelas X SMA NEGERI 1 Banda Aceh Tahun Pembelajaran 2014/2015”. Jurnal Pendidikan.
  8. Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
  9. Muchtar, Hartati. 2010. “Penerapan Penilaian Autentik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan”, Jurnal Pendidikan Penabur , No.14. Tahun ke-9, Juni 2010.
  10. Mulyasa, E. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  11. Muslich, Masnur. 2011. Autentik Assessment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi, Bandung: Refika Aditama
  12. Permendikbud RI No. 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar
  13. Permendikbud RI No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan
  14. Permendikbud RI No. 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
  15. Permendiknas RI No. 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
  16. Ruslan, Tati Fauziah, Tuti Alawiyah. 2016. “Kendala Guru Dalam Menerapkan Penilaian Autentik Di Sd Kabupaten Pidie.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 1 Nomor 1 tahun 2016 halaman 147-157.
  17. Sani, Ridwan. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.
  18. Sunarti, Rahmawati Selly. 2014. Penilaian Dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Penerbit Andi
  19. Syaodih, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya