AUDIT MANAJEMEN FUNGSI PEMASARAN PADA PABRIK STEEL & CONSTRUCTIONS UD. TRIKA JAYA TULUNGAGUNG
PADA PABRIK STEEL & CONSTRUCTIONS UD. TRIKA JAYA TULUNGAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.29407/nusamba.v2i1.566Keywords:
Audit Manajemen, Fungsi Pemasaran, Audit InternalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menemukan faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam pencapaian tujuan pada fungsi pemasaran dan 2) Memberikan saran terhadap aktivitas yang dilakukan oleh fungsi pemasaran sehingga target yang telah ditetapkan dapat tercapai.
Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini tidak menggunakan skala numerik.
Hasil penelitian ini adalah aktivitas fungsi pemasaran di UD. Trika Jaya Tulungagung sudah cukup memadai, dengan berbagai cara dalam melakukan promosi dalam pemasaran, UD. Trika Jaya memiliki jangkuan pemasaran ke seluruh wilayah Indonesia. Perusahaan dapat melakukan pengiriman barang ke berbagai pelosok Indonesia selama tersedia jalan akses dan jasa ekpedisi yang mendukung pengiriman ke lokasi tersebut. Secara marketing UD. Trika Jaya mengembangkan bisnis melalui online dan offline. Aktivitas bisnis online yang bertujuan agar bisa lebih effisien & efektif menjangkau pelanggan dari dalam dan luar pulau (seluruh indonesia) sedangkan aktivitas offline dilakukan dengan cara sales marketing lapangan & mengirimkan seluruh produk ke seluruh penjuru Indonesia langsung ke perusahaan-perusahaan konstruksi & distributor besi baja, yang umumnya merupakan kontraktor maupun pemilik proyek. Walaupun masih ada beberapa kelemahan pada aktivitas fungsi pemasaran. Namun dari analisis internal perusahaan ditemukan adanya kelemahan pada SDM nya, sehingga mempengaruhi fungsi pemasaran yang mengakibatkan penurunan tingkat pernjualan
Kata kunci : audit manajemen, fungsi pemasaran, audit internal
Downloads
References
Bhayangkara, IBK. 2008. Audit Manajemen Prosedur dan Implementasi. Salemba empat, Jakarta.
Ishak, Asmai dan Erita Dwi Cahyani. 2005. Audit Pemasaran Berdasarkan Strategic Marketing Plus 2000 CV. Morinda House Bogor. Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta.
Achmadi. 2012. Metodologi Penelitian.Bumi Aksara, Jakarta.
Sugiyono. 2006. Metodologi Penelitian. Alfabeta, Palembang.
Tampang, Bartholomeus Elvira.2011. Audit Manajemen atas Fungsi Keuangan PT. Tirta Makna Bahagia. Skripsi S1. Uneversitas Hasanuddin, Makassar.
Tunggal, Amin Widjaja.2000. Management Audit Suatu Pengantar.Rineka Cipta.Jakarta.
Yusi, Syahirman dan Umiyati Idris.2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Citrabooks Indonesia, Palembang.