ANALISIS DAMPAK PENCIPTAAN BRAND IMAGE DAN AKTIFITAS WORD OF MOUTH (WOM) PADA PENGUATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION
DOI:
https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i1.12026Keywords:
brand image, word of mouth, keputusan pembelian.Abstract
Di Indonesia banyak produsen maupun penjual produk fashion, karena adanya persaingan antar produsen maupun penjual produk fashion, maka terjadi persaingan tidak sehat dengan membuat replika dengan kualitas yang jauh berbeda tetapi memiliki fisik yang mirip dengan aselinya, sehingga merugikan produsen aselinya, karena rata rata orang di Indonesia lebih memilih produk replika dibandingkan dengan membeli yang original karena harga jauh lebih murah dibandingkan dengan yang original oleh karena itu banyak produsen yang mengalami kerugian. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur penilaian pelanggan terhadap variabel brand image, word of mouth, keputusan pembelian.
Teknik pengumpulan data dalam penlitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan non probability sampling dengan metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Pada tahap analisis dilakukan uji validitas dan reabilitas, uji normalitas, uji regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi.
Hasil uji t menunjukan bahwa brand image yang tercipta dan aktifitas word of mouth memiliki dampak positif pada penguatan keputusan pembelian produk fashion. Hasil uji F menunjukan bahwa penciptaan brand image dan word of mouth yang dilakukan secara benar memiliki dampak positif pada penguatan keputusan pembelian produk fashion.
Downloads
References
Arief. 2007. Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan. Malang :Bayumedia Publishing.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2014) . Principles Of Marketing, Global Edition. Pearson Education.
Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium, Jakarta, Prehallindo.
Kotler, Philip, 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan, PT. Prenhallindo, Jakarta
Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Machfoedz, Mahmud. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.
Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks
Sernovitz. (2009). Word of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Belch, George E., Belch, Michael A. (2009). Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perpective. 8th Edition. New York : McGraw-Hill.
Fanny Puspita, Tri Yuniati, “Pengaruh citra merek dan word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen”
Godes, David dan Dina Mayzlin. (2004). Using Online Conversations to study word of Mouth Communication. Marketing Science. Vol. 23 No.4.
Jalilvand, Mohamad Reza and Neda Samiei. 2012. The Effect of Word of Mouthon Inbound Tourists’ Decision for Traveling to Islamic Destinations (The Case of Isfahan as a Tourist Destination in Iran). Journal of Islamic Marketing, Vol. 3 No. 1.
Nanda Purnama, Khuzaini 2016, “ Pengaruh personal selling, brand image, word of mouth terhadap keputusan pembelian mobil” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 1, Januari 2016.
Shimp, Terence A (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran.Terpadu, Jilid I ( edisi 5), Jakarta: Erlangga.
http://www.topbrand-award.com/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License