Key Performance Indicator Merujuk pada Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan

Authors

  • Ristanti Akseptori Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • R A Norromadani Yuniati Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Danis Maulana Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Murni Sari Dewi Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29407/nusamba.v7i1.17396

Keywords:

Key Performance Indicator, Proses Bisnis Internal, Pembelajaran dan Pertumbuhan

Abstract

This study aims to optimize performance by modelling Key Performance Indicators (KPI). The method used in this study is the Human Resources Scorecard involving two perspectives, namely the internal business process perspective and the learning and growth perspective. The study results refer to two HRSC perspectives, namely the measure of performance drivers that the company can apply as a standard for evaluating the performance of employees in the Compensation and Benefits section of the HCM division. The two perspectives, namely the internal business process and the learning and growth perspectives, are categorized in yellow, meaning that performance has not yet reached the target.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lorisa, C., & Doaly, C. O., 2017. Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia dengan Human Resource Scorecard di PT. Trio Jaya Steel. Jurnal Teknik Industri, 7(3), pp.132–135.

Astuti, T. W., Praptono, B., & Kurniawati, A., 2015. Perancangan Alat Ukur Kinerja Sumber Daya Manusia di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Bandung dengan Menggunakan Metode Human Resources Scorecard. Jurnal Rekayasa Industri, 2(1), pp.791–801.

Dewi, M. S., Yuniati, R.A. N., & Akseptori, R., 2020. Perancangan Ukuran Kinerja Karyawan dengan Perspektif Keuangan dan Perspektif Pelanggan (Studi Kasus pada Divisi HCM di Grup Perusahaan Maritim Surabaya). Jurnal

Soemohadiwidjojo, T. A. (2015). Panduan Praktis Menyusun KPI (Pertama; Penebar Swadaya, Ed.). Jakarta: Penebar Swadaya

Welan, J., & Rondonuwu, C. N., 2018. Pengukuran Kinerja Karyawan dengan Menggunakan Metode Human Resource Scorecard pada PT. Hasjrat Abadi Tendean Manado. Jurnal EMBA, 6(4), pp.4123–4132.

Wicaksana, E. A., Darsono, & Sutrisno, J., 2016. Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja PT. Central Proteina Prima Tbk Melalui Pendekatan Human Resources Scorecard. SEPA, 12(2), pp.156–16.

Falatehan, A. F., 2016. Analytical Hierarchy Process (AHP) Teknik Pengambilan Keputusan untuk Pembangunan Daerah. Pertama. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.

Diana., 2018. Metode dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Pertama. Yogyakarta: Deepublish.

Noviawati, A. F., 2016. Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada PT Adev Natural Indonesia Kota Bogor Antika. Institut Pertanian Bogor.

Rosento., 2018. Efektivitas Rekrutmen dalam Kinerja Karyawan pada Bagian Pemasaran di CV Ikra Cendana Lintang Jakarta. Jurnal ASM BSI, 18(1), pp.81–88.

Panjaitan, H., 2010. Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Paramedis dan Dampaknya pada Mutu Pelayanan di RSUD Pasuruan. Jurnal Riset Ekonomi & Bisnis, 10(2), pp.62–72.

Nugroho, Y. A. B., 2019. Pelatihan dan Pengembangan SDM: Teori dan Aplikasi. Pertama. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Soemohadiwidjojo, A. T., 2018a. Panduan Praktis Menyusun KPI. Pertama. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Hariandja, M. T. E., 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai. Pertama. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

PlumX Metrics

Published

2022-04-15

How to Cite

Akseptori, R., Yuniati, R. A. N., Maulana, D., & Dewi, M. S. . (2022). Key Performance Indicator Merujuk pada Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan. JURNAL NUSANTARA APLIKASI MANAJEMEN BISNIS, 7(1), 118–134. https://doi.org/10.29407/nusamba.v7i1.17396