PENGARUH KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS, ASOSIASI MEREK, LOYALITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN KHAS DAERAH KEDIRI TAHU MEREK “POO” PADA PENGUNJUNG TOKO PUSAT OLEH-OLEH KOTA KEDIRI
Keywords:
Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian, Uji F , Uji tAbstract
Penelitian dilatarbelakangi dari brand equity yang ada di tahu POO ini, dimana konsumen akan merasakan kelezatan dan kenikmatan saat mengkonsumsi tahu ini. Menurut pengamatan peneliti tahu POO sangat laris terjual, bahkan ketika peneliti mendalami secara sepintas pada segmen yang lebih khusus tepatnya masyarakat pengunjung dan konsumen pada Toko Pusat Oleh-oleh Kota Kediri yang membeli berbagai produk olahan tahu merk POO.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu menjelaskan gambaran masing-masing variable penelitian yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek terhadap keputusan pembelian. Instrumen penelitian ini menggunakan angket/kuesioner sebagai pengumpul datanya. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pengunjung pada Toko Pusat Oleh-oleh Kota Kediri yang membeli produk tahu merk POO. Sampel yang diambil sebanyak100 orang dengan menggunakan teknik purpossive accidental sampling, yaitu merupakan teknik pengambilan sampel secara kebetulan yang ditemui oleh peneliti dilokasi dimana mereka adalah konsumen yang membeli makanan khas Kediri tahu merk POO .Teknik analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji t dan uji F.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) secara parsial masing-masing variabel kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (2) secara simultan (bersama-sama) variabel kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.
Downloads
References
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Durianto, dkk. 2005. Brand Equity Ten. Strategi Memimpin Pasar. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Engel, et. all. 1995. Perilaku Konsumen Jilid 2. Terjemahan Budijanto. Jakarta: Binarupa Aksara
Ferrinadewi,E. 2008. Citra Merek. : Dimensi, Proses Pengembangan serta Pengukurannya. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol 6, No. 3. Mei 2010. Hal 333-346. Lampung: Universitas Negeri Lampung.
Kotler, P. & Armstrong, G. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Terjemahan Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P & Susanto, A. B. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.
Nazir, M. 1985. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Rajagopal. 2006. Brand Excellence: Measuring The Impact Of Advertising And Brand Personality On To Buying Decision. Vol 10 No. 3 tahun 2006. page 56-65. Emerald Group Publising Limited.ISSN 1368-3047.
Rangkuti, F. 2004. The Power of Brands, Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek+ Analisis Kasus dengan SPSS. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. 1997. Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ridwan. 2010. Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.
Sadat, A. M. 2009. Brand Belief: Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta: Salemba Empat.
Setiadi, N. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta: Studia Press.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, U. 2004. Perilaku Konsumen. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.
Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Rosda
Tjiptono, F. 2005. Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi
Umar, H. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Usmara, u. 2008. The Effect of Brand Extension Strategies upon brand image. Jurnal of Consumer Marketing. Volume 21. Number 1. 2001. page 39 – 90. Emerald Group Publising Limited.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License