PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN SOFTWARE SWISHMAX DAN SCREENCAST O-MATIC DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA MATA KULIAH MANAJEMEN STRATEGIK
DOI:
https://doi.org/10.29407/nusamba.v1i2.461Keywords:
Media Video Pembelajaran, Software Swishmax, Screencast O-matic.Abstract
Rendahnya hasil belajar sebagai akibat dari rendahnya minat belajar mahasiswa pada mata kuliah managemen strategic, khususnya materi strategi bisnis adalah hal yang mendasari dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuanuntuk mengembangkan media video pembelajaran berbantuan Software Swishmax dan Screencast O-matic menghasilkan media pembelajaran yang layak dan efektif digunakan selama pembelajaran berlangsung dan digunakan dalam belajar mandiri di rumah disebut model flipped classroom.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dimana dalam tahapnya terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, development, implementasi, evaluasi.Sebelum digunakan, media video pembelajaran berbasis Software Swishmax dan Screencast O-matic terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi.Selain itu diperlukan juga angket tanggapan mahasiswa mengenai media tersebut.Hasil dari validasi ahli media, materidan angket mahasiswa berkriteria sangat baik. Jadi media pembelajaran tersebut layak untuk digunakan.Uji keefektifan media menggunakan uji t pihak kanan, diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 85,03, dan kelas kontrol adalah 79,00. Dengan analisis menggunakan uji t diperoleh nilai yaitu 3,30> 1,997maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran berbasis Software Swishmax dan Screencast O-matic lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi startegi bisnis.
Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Software Swishmax, Screencast O-matic.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Aunurrahman. 2009. BelajardanPembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hendra, Ayu Ratih. 2010. Belajar Animasi Swishmax.Palembang: PalComTech Publisher.
Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Mandiri. Bandung: PT Refika Aditama.
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Rifa'i,Muhammad Muslim. 2014. Merekam Dekstop Sendiri Dengan Screencast-o-matic.http://coretandijital.blogspot.com/2014/06/merekam-dekstop-sendiri-dengan.html. Akses tanggal 21 Maret 2015
Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta
Sanaky, Hujair. 2013. Media Pembelajaran Interaktif – Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Saputra, Yusmar Hadi, dkk. 2013. Buku Sumber Simulasi Digital Versi September 2013. Jakarta : SEAMOLEC.
Siregar, E., & Nara, H. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Suyono, Hadi. 2014. Tutorial Membuat Video Presentasi Menggunakan SoftwareScreencast-O-Matic.
http://hadisuyonosp.blogspot.com/2014/04/tutorial-membuat-video-presentasi.html. Akses tanggal 21 Maret 2015