PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAAN TINGGI
Abstract
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam perkembangan bisnis semakin pesat. Tentu saja, hal tersebut berdampak pada meningkatnya persaingan bisnis. Dalam pendidikan, pembelajaran kewirausahaan dimasukkan dalam kurikulum. Khusus di STKIP PGRI Nganjuk, mata kuliah Kewirausahaan sudah diterapkan di setiap program studi. Namun demikian, luaran yang diperoleh belum mengarah pada peningkatan kemampuan dalam berwirausaha. Tujuan penelitian ini adalah memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran pada mata kuliah kewirausahaan. Sampel yang digunakan terdiri dari 50 mahasiswa yang menempuh mata kuliah Kewirausahaan di STKIP PGRI Nganjuk. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan ada 8 karakter yang berpengaruh terhadap kemampuan technopreneur yang dikaji. Karakter wirausaha tersebut meliputi optimalisasi teknologi dan informasi, implementasi keilmuan, percaya diri, berorientasi hasil, pengambilan resiko, kepemimpinan, orisinalitas produk, dan berorientasi masa depan. Rata-rata penilaian terhadap kompetensi karakter memiliki nilai sebesar 80 (dalam kategori baik). Pada penelitian ini proses pembelajaran memanfaatkan e-learning dalam bentuk Moodle. E-learning ini merupakan program cms yang merubah konsep pembelajaran offline kedalam bentuk web. Dosen dapat memberikan materi pembelajaran dalam format apapun, diskusi, chating, dan tes secara online. Siswa lebih mudah mempelajari materi, menyelesaikan permasalahan, konsultasi, dan berkomunikasi dengan dosen kapan saja dan dimana saja. Proyek mahasiswa juga dapat dengan mudah dikontrol oleh dosen melalui aplikasi yang disediakan.
Downloads
References
Lee, J., Lapira, E., Bagheri, B., Kao, H., (2013). Recent Advances and Trends in Predictive Manufacturing Systems in Big Data Environment. Manuf. Lett. 1 (1), 38–41.
Liffler, M., & Tschiesner, A. (2013). The Internet of Things and the Future of Manufacturing. McKinsey & Company.
Sumarno, S., Saryono, S., & Gimin, G. (2017). Pengembangan Technopreneurship di Universitas Riau. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5(2).
Rahrouh, M., Taleb, N., & Mohamed, E. A. (2018). Evaluating the usefulness of e-learning management system delivery in higher education. International Journal of Economics and Business Research, 16(2), 162-181.
Izzhati, D. N., Setyaningrum, R., & Agustini, D. 2013. Strategi Pengembangan Pendidikan Technopreneurship di Program Studi Teknik Industri Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Konferensi Nasional Inovasi dan Technopreneurship, 115.
Shahzadi, I., Javed, A., Pirzada, S. S., Nasreen, S., & Khanam, F. (2014). Impact of employee motivation on employee performance. European Journal of Business and Management, 6(23), 159-166.
Murillo, G. R. G., Novoa-Hernández, P., & Rodríguez, R. S. (2019). Usabilidad en Moodle: un meta-análisis a partir de experiencias reportadas en WOS y Scopus. Edição/Edition, 108.
Tavakoli, A. (2013). Impact of information technology on the entrepreneurship development. Advances in Environmental Biology, 7(8), 1421-1426.
Watson, K., McGowan, P., & Cunningham, J. A. (2018). An exploration of the Business Plan Competition as a methodology for effective nascent entrepreneurial learning. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 24(1), 121-146.
Nurfaizal, Y. (2014). Perilaku Technopreneur Mahasiswa Teknik Informatika: Tinjauan Pada Self-Sufficiency. Jurnal Fokus Bisnis, 14, 13-25.
Akhmetshin, E. M., Romanov, P. Y., Zakieva, R. R., Zhminko, A. E., Aleshko, R. A., & Makarov, A. L. (2019). Modern Approaches to Innovative Project Management in Entrepreneurship Education: A Review of Methods and Applications in Education. Journal of Entrepreneurship Education, 22, 1-15.
Tshikovhi, N., & Shambare, R. (2015). Entrepreneurial knowledge, personal attitudes, and entrepreneurship intentions among South African Enactus students. Problems and Perspectives in Management, 13(1), 152-158.
Muñoz, R. M., de Pablo, S., Jesús, D., Peña, I., & Salinero, Y. (2016). The effects of technology entrepreneurship on customers and society: A case study of a Spanish pharmaceutical distribution company. Frontiers in psychology, 7, 978.
Huamaní, G. A. Z., López, S. F., Gómez, I. N., & Ares, L. R. (2017). The role of the entrepreneur in new technology-based firms (NTBFs): An analysis according to context development. Regional and Sectoral Economic Studies, 17(2), 25-42.
Copyright (c) 2019 JURNAL NUSANTARA APLIKASI MANAJEMEN BISNIS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.