Analisa Keputusan Pembelian Pada PT Subitu Kreasi Busana Cabang Manokwari

  • Louis S Bopeng Universitas Papua
  • Naomi Merty Redjau Universitas Papua
  • Margareth S Sabarofek Universitas Papua
Abstract views: 15 , pdf downloads: 0
Keywords: cultural, social, personal, buying, papua barat

Abstract

The purpose of this research is to (1) Determine the cultural factors that affect purchasing decisions (2) Social factors affect purchasing decisions (3) Personal faktors affect purchasing decisions (4) Psychological factors affect purchasing decisions (5) Cultural, social, personal and psychological factors simultaneously influence the purchasing decisions. used 150 respondents with a sampling technique using non-probability sampling methods and multiple linear regression analysis techniques.

The results showed that the purchasing decisions at PT Subitu are more to individual or psychological and personal decisions of consumers. Culture and social do not become indicators in consumers determining whether or not to buy a product at PT. Subitu. For this reason, PT. The Manokwari branch of Kreasi Busana Subitu must maintain its image, outlook, provide quality and good service to customers. Because psychologically, consumers are comfortable and personally fit their wishes. Then the buying decision will be taken by the consumer.

References

Aziz Abdul. (2018). “Pengaruh Faktor Pribadi dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian di Alfamaret Kecamatan Tamalate Kota Makassar”. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar.

Darwis., T. (2017). “Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Membeli di Indomaret”. (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara). Manajemen dan Bisnis, 30-50.

Friantoro Dian, 2. (t.thn.). “Pengaruh Faktor Budaya, Sosial Dan Pribadi Terhadap Keputusan Anggota Dalam Mengambil Kredit Pada KP-RI BINA MANDIRI Kabupaten Padeglang. Dipetik November 11, 2019, dari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. .

Kartikasari, D. 2. (2013). ”Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian” . Malang: Fakultas Administrasi Universitas Brawijaya.

Keller, K. d. (2009). Manajemen Pemasaran. Jil 1 Edisi 13. . Jakarta:: Erlangga.

Malhotra, N. (2005.). Riset Pemasaran. Pendekatan Terapan. Edisi Keempat. Jil 1. Jakarta:: Kelompok Gramedia Indeks.

Mochammad, P. A. (2017 ). “Analisis Perilaku Konsumen Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mobil Pada PT. Mahakam Berlian Samjaya Di Samarinda”. eJournal Administrasi Bisnis Vol. 5. Nomor 4. , 1343-1354.

Rif’an, M. A. (2014). Analisis faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi konsumen terhadap keputusan pembelian busana muslim di Toko Kisa’ Kaliwungu Kendal. . Walisongo. : IAIN Undergraduate (S1).

Ristiyanti prasetijo, J. J. ( 2005). Perilaku Konsumen,. Yogyakarta: : ANDI,.

Setiadi, N. (2003). Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Stanton. (2013. ). Prinsip Pemasaran. Edisi 10. Jil 1. Jakarta.: Erlangga.

Sugiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. . Bandung.: Alfabeta.

Wulandari, D. (2017). “Pengaruh Faktor Lingkungan, Psikologi dan Individu Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Emas di kota Banjarmasin”. Wawasan Manajemen. Vol. 5. Nomor 2. Juni., 1-10.

Published
2021-04-05
How to Cite
Bopeng, L. S., Redjau, N. M., & Sabarofek, M. S. (2021). Analisa Keputusan Pembelian Pada PT Subitu Kreasi Busana Cabang Manokwari. JURNAL NUSANTARA APLIKASI MANAJEMEN BISNIS, 6(1), 33-48. https://doi.org/10.29407/nusamba.v6i1.14755