Keputusan Pembelian Ditinjau dari Promosi Menggunakan Media Sosial dan Word of Mouth Marketing

  • Mustafidah Mahardhika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nganjuk
  • Dyan Arintowati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nganjuk
Abstract views: 59 ,
Keywords: social media, word of mouth marketing, buying decision

Abstract

The purpose of this research is to determine the effect of promotion using social media and word of mouth marketing on purchasing decisions for beauty clinic services. This research is belonging to quantitative research with data collection techniques using interviews, documentation, and questionnaires. For data analysis using multiple linear regression analysis.

The results showed that at this time, promotions using social media and word of mouth marketing influence purchasing decisions still, either partially or simultaneously. From these results, social media is still effectively used as a tool on promoting products. Word of mouth marketing also has an effective influence in affecting purchasing decisions. Where consumers still trust the recommendations of their close environment on products buying decision.

 

Kata Kunci: social media, word of mouth marketing, buying decision

References

[1] Sukarno PA, Dewi FS. Industri Kecantikan Indonesia, Pasar yang Terus Menggelembung 2019. https://teknologi.bisnis.com/read/20190821/266/1139365/industri-kecantikan-indonesia-pasar-yang-terus-menggelembung-.
[2] Liputan6.com. 7 Fakta Mengejutkan Soal Pengguna Media Sosial di Indonesia 2019. https://www.liputan6.com/tekno/read/3939443/7-fakta-mengejutkan-soal-pengguna-media-sosial-di-indonesia#:~:text=Pengguna Media Sosial di Indonesia Mencapai 150 Juta,sosial di Indonesia sudah mencapai 150 juta orang.
[3] Kholifah AN. Bukan Instagram, YouTube Jadi Medsos Paling Banyak Diaksesitle 2019. https://www.viva.co.id/digital/digilife/1173097-bukan-instagram-youtube-jadi-medsos-paling-banyak-diakses.
[4] Kotler P, Keller KL. Manajamen Pemasaran. Jilid 1. 12th ed. Jakarta: PT. Indeks; 2007.
[5] Saiman L. Kewirausahaan (Teori, Praktik, dan Kasus-kasus). Jakarta: Salemba Empat; 2017.
[6] Tjiptono F. Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: ANDI; 2014.
[7] Suryana. Kewirausahaan (Kiat dan Proses Menuuju Sukses). Jakarta: Salemba Empat; 2016.
[8] K DI, Arifin Z, Mawardi MK. Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Kesadaran Konsumen Pada Produk Internasional (Studi pada Pengguna Produk Uniqlo di Indonesia). J Adm Bisnis 2015;24.
[9] Suryani I. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing pada Twitter Kemenparekraf dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). J Komun 2014;8.
[10] Moriansyah L. Pemasaran Melalui Media Sosial: Antencendants dan Consequences. J Penelit Komun Dan Opini Publik 2015;19:187–96.
[11] Rohandi MMA. Effective Marketing Communication: Word of Mouth. J Manaj Dan Bisnis 2016;VIII.
[12] Finanda IR, Wiwaha A. Pengaruh Word of Mouth dan Brand Image terhadap Keputusan Penggunaan Salon Kecantikan pada Konsumen Miloff Beauty Bar. J Ilm WIDYA Ekon 2017;1.
[13] Prasetyo A, Wahyuati A. Pengaruh Strategi Promosi dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Kopiganes. J Ilmu Dan Ris Manaj 2016;5.
[14] Mahendrayasa AC, Kumadji S, Abdillah Y. Pengaruh Word Of Mouth terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. J Adm Bisnis 2014;12.
[15] Nugraha FAA, Suharyono, Kusumawati A. Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Kober Mie Setan Jalan Simpang Soekarno-Hatta Nomor 1-2 Malang). J Adm Bisnis 2015;22.
[16] Siyoto S, Sodik MA. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing; 2015.
[17] Prayitno D. Mandiri Belajar Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom; 2013.
[18] Indriyani R, Suri A. Pengaruh Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen pada Produk Fast Fashion. J Manaj Pemasar 2020;14:25–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25-34.
[19] Wilujeng G, Hadi M. Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Facebook dan Kebijakan Produk terhadap Keputusan Pembelian pada RDM. J Apl Bisnis 2018;4.
[20] Mahdiasukma P, Fauzi A. Pengaruh Word of Mouth Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Coffee Toffee Cabang Kota Malang). J Adm Bisnis 2018;55.
[21] Rahmawati AR. Pengaruh Social Media Marketing dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen J.CO Donuts and Coffee Kota Samarinda. EJournal Adm Bisnis 2021;9:17–28.
[22] Pamungkas BA, Zuhroh S. Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Kedai Bontacos Jombang). Komunikasi 2016;X:145–60.
Published
2021-10-26
How to Cite
Mahardhika, M., & Arintowati, D. (2021). Keputusan Pembelian Ditinjau dari Promosi Menggunakan Media Sosial dan Word of Mouth Marketing. JURNAL NUSANTARA APLIKASI MANAJEMEN BISNIS, 6(2), 138 - 148. https://doi.org/10.29407/nusamba.v6i2.16395