VARIABEL PENENTU KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK KAYU PUTIH CAP MP DI KOTA AMBON
DOI:
https://doi.org/10.29407/nusamba.v2i1.560Keywords:
Promosi, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Produk minyak kayu putih merupakan salah satu produk andalan dari Propinsi Maluku yang memliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Penelitian saat ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian minyak kayu putih cap MP yang dilakukan konsumen.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey, dengan menggunakan kuisioner sebagai instrument pengukuran dalam pengambilan data. Teknik sampling yang digunakan adalah judgement sampling dengan jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 200 orang, dan menggunakan teknik analisa regresi berganda.
Hassil penelitian menunjukan bahwa variabel promosi terutama melalui personal selling dan kualitas produk yang semakin baik yang ditawarkan yang tercermin lewat kemudahan dan pelayanan saat konsumen mencari produk akan semakin mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Kata Kunci: Promosi, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.
Downloads
References
Komalasari, F (2012) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap keputusan Pembelian Produk Handphone Nokia Eseries, library.gunadarma.ac.id
Kotler (2007)Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lembang, R D (2010) Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi S1 Reguler II Universitas Diponegoro)
Mowen, John C dan Minor, Michael, 2002. Consumer Behavior, Fifth Edition, Harcourt Inc.
Napian, S (2013) Analisis pengaruh kualitas produk, promosi,
Kepercayaan merek, dan kepuasan konsumen terhadapKeputusan pembelian sepeda motor yamaha mio soul.(Studi pada pengguna Yamaha Mio Soul di wilayah Ciputat), repository.uinjkt.ac.id
Novandri, M SN (2010) Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembeliaan Sepeda Motor Yamaha Pada Harpindo Jaya Cabang Ngaliyan
Peter. J, Paul dan Olson. Jerry, C. 1999. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi 4, Jilid 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Schiffman, Kanuk, (2007) Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh, Prantice Hall, Penerbit Indeks, Jakarta.
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Simamora, Bilson. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sulisyawati, P (2010) Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer Di Kota Semarang
Basu Swastha DH, 1999, Saluran Pemasaran, BPFE Yogyakarta.
Swasta, B dan Irawan. (2000). Manajemen Pemasaran Moderen. Yogyakarta: Liberty.
Sugiono, (2005) Metode Penelitian Administration. Bandung, Alfabeta.
Tjiptono, F (1997) Strategi Pemasaran, Edisi Kedua Cetakan Pertama, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta
Widodo, O W (2012) Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pada 123 Design and Photography di Semarang)
Wijayanti, E (2006) Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Kijang (Studi Kasus Pada PT. Nasmoco Kaligawe Semarang)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License