Analisis Pengaruh Kecintaan Merek (Brand Love) dan Pengalaman Merek (Brand Experience) Terhadap Keputusan Pembelian Produk UKM Batik di Pekalongan Dengan Mediasi Pemasaran Hijau (Green Marketing)

Authors

  • Iqbal Notoatmojo Institut Teknologi Dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan
  • Rizka Ariyanti Institut Teknologi Dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan
  • Ali Imron Institut Teknologi Dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.29407/jpeaku.v5i1.25306

Keywords:

: Kecintaan merek (Brand Love), Pengalaman merek (Brand Experience), Keputusan Pembelian, Pemasaran hijau (Green marketing)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecintaan merek (brand love) dan pengalaman merek (brand experience) terhadap keputusan pembelian produk UKM batik di Pekalongan melalui pemasaran hijau (green marketing) sebagai variabel mediasi. Latar belakang penelitian ini didasari oleh meningkatnya kesadaran konsumen terhadap isu lingkungan, sehingga pelaku usaha, termasuk UKM batik, perlu mengadopsi strategi pemasaran berkelanjutan yang mampu membangun hubungan emosional dan pengalaman positif dengan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatori dan teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan konsumen produk batik UKM di Pekalongan, dengan teknik pengambilan sampel non-probability accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecintaan merek (brand love) dan pengalaman merek (brand experience) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui strategi pemasaran hijau (green marketing). Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi strategi emosional dan pengalaman merek dengan nilai-nilai keberlanjutan untuk mendorong keputusan pembelian konsumen secara lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahuvia, A. C. (2005). Beyond the extended self: loved objects and consumers’ identity narratives. Journal of Consumer Research, 31(1), 171–184. https://doi.org/https://doi.org/10.1086/429607

Albert, N. & Merunka, D. (2013). The role of brand love in consumer-brand relationships. Journal of Consumer Marketing, 30(3), 258–266. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/07363761311328928

Alloza, A. (2008). Brand Engagement and Brand Experience at BBVA, the Transformation of A 150 Years Old Company. Corporate Reputation Review, 11(4), 371–379. https://doi.org/https://doi.org/10.1057/crr.2008.3

Ananda M Tri Utama. (2022). PENGARUH BRAND EXPERIENCE DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA SITUS ONLINE SHOPPING “SHOPEE” (Studi pada Generasi Z di Kota Semarang, Jawa Tengah) (Vol. 9).

Aries Susanty, Naniek Utami Handayani, P. A. J. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN KLASTER BATIK PEKALONGAN (STUDI KASUS PADA KLASTER BATIK KAUMAN, PESINDON DAN JENGGOT). Jurnal Rekayasa, 1(6), 11–21.

Brakus, J. J., Schmitt, B. H., & Zarantonello, L. (2009). Brand Experience: What Is It? How Is It Measured? Does It Affect Loyalty? Journal of Marketing, 73(3), 52–68. https://doi.org/https://doi.org/10.1509/jmkg.73.3.52

Carroll, B.A. & Ahuvia, A. C. (2006). Some antecedents and outcomes of Brand love, Marketing Letters. 17(2), 79–89. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11002-006-4219-2

Chania, M. R., & Padang, N. (2025). THE INFLUENCE OF BRAND EXPERIENCE ON WILLINGNESS TO PAY A PREMIUM PRICE WITH BRAND LOYALTY AND BRAND LOVE AS MEDIATING VARIABLES ON VIU APPLICATION USERS , ESPECIALLY K-DRAMA LOVERS IN PADANG CITY. 9(1), 161–171. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.5012

Cho, E. & Fiore, A. M. (2015). Conceptualization of a holistic brand image measure for fashion-related brands. Journal of Consumer Marketing, 32(4), 255–265. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/JCM-07-2014-1063

Fitaloka, J., & Kusuma, M. (2022). The Effect Of Green Marketing, Green Product And Trust On Purchase Decisions At KFC BIM Bengkulu City. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Bisnis Digital, 1(2), 397–404. https://doi.org/10.37676/jambd.v1i2.2724

Goyala, Anita, P. V. (2022). The relationship between brand engagement, brand loyalty, overall brand equity and purchase intention. Journal of Strategic Marketing, 32(1), 65–79. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/0965254X.2022.2149839

Gumilang, P. B., Listyorini, S., & Ngatno, N. (2022). Pengaruh Perceived Quality dan Brand Experience terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio (Studi pada Yamaha Flagship Shop (FSS) Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(3), 420–432. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34919

Hidayaty, N., Ginting, G., Studi, P., Manajemen, M., Terbuka, U., Studi, P., Manajemen, M., Trisakti, U., Quality, R., Experience, B., Design, P., Decision, P., Intention, P., Artikel, S., Quality, R., Experience, B., Produk, D., Pembelian, K., & Beli, M. (2022). JURKAMI : Jurnal Pendidikan Ekonomi PENGARUH RELATIONSHIP QUALITY , BRAND EXPERIENCE DAN DESAIN PRODUK DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP KEPUTUSAN PENDAHULUAN Di era globalisasi saat ini persaingan bisnis terjadi di segala bidang den. 7.

Islam, A. D. D. (2020). Pengaruh Brand Love Terhadap Word of Mouth Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muda. Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), 5(2), 140–152.

Karlina, G., & Setyorini, R. (2018). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Mediator ( Studi Pada Innisfree Bandung ). Management & Accounting Expose, 1(2), 56–65.

Kian Yeik Koay, Chai Wen Teoh, and P. C.-H. S. (2021). Instagram influencer marketing: Perceived social media marketing activities and online impulse buying. 26(9). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.5210/fm.v26i9.11598

Lestiyani, D. N., & Purwanto, S. (2023). Analisis Pengaruh Influencer Marketing dan Brand Love terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Skintific. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 886–898. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i2.5513

Mansyur, M., Asiyah, S., & Millaningtyas, R. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Love, Brand Trust Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Vans Di Malang (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Jurusan Manajemen Angkatan 2018). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 11(1), 87–100. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/16441/12375

Moedeen S, Aw E C-X, Alryalat M, Wei-Han Tan G, Cham T-H, Ooi K-B, and D. Y. K. (2024). Social media marketing in the digital age: empower consumers to win big? Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 36(1), 66–84. https://doi.org/?", Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics,

Motta-Filho, M. A. (2021). Brand experience manual: bridging the gap between brand strategy and customer experience. Review of Managerial Science, 15(5), 1173–1204. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11846-020-00399-9

Mufaddol, A., Basalamah, M. R., & Mustapita, A. F. (2023). Pengaruh Brand Image, Brand Love, Brand Equity, Dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Produk SweaterMerek Erigo(Studi Kasus pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang). E –Jurnal Riset Manajemen, 12(2302–7061), 704–715.

Novita, Y., & Pratama, A. A. N. (2024). Peran Moderasi Etika Konsumsi Islam pada Pengaruh Green Marketing, Ethnosentrisme Konsumen, dan Gaya Hidup Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(1), 154. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i1.1288

Pertiwi, R. (2020). Pengaruh Kecintaan Merek (Brand Love) terhadap Keputusan Pembelian Ulang.

Priansa, D. . (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Alfabeta.

R Septifani, Fuad Achmadi, I. S. (2014). Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan dan Minat Membeli terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Teknologi, 13(2), 201–218. https://doi.org/10.12695/jmt.2014.13.2.6

Rentama, C. (2024). PENGARUH BRAND COMMUNICATION DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN DI SOCIOLLA.

Rosyana, V., & Zulfitri, ) ; (2022). Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Gerai Starbucks Coffee Karang Tengah). JFM : Journal of Fundamental Management, 2(3), 319–335. http://dx.doi.org/10.22441/jfm.v2i3.17744

Syafi’ah, Victor Prasetya, Melan Susanty Purnamasari, Oki, O. A., & Reza, R. R. H. (2024). Impact of Green Marketing Mediating Brand Love on Purchasing Decisions for Batik MSME Products in Central Java. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 7(1), 218–232. https://doi.org/10.31002/rekomen.v7i1.1279

Verma, A & Tanwar, R. (2014). Green Marketing: The Revolutionary Road. Nternational Journal of Business and Management Invention., 3, 1–6.

Wardani, I., & Rahardjo, S. T. (2022). Analisis Pengaruh Green Brand Positioning, Attitude, Knowledge dan Perceived Value terhadap Green Product Purchase Intention pada Produk Unilever Indonesia di Kota Jakarta. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 2022–2618. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.2417

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-06-26

How to Cite

Analisis Pengaruh Kecintaan Merek (Brand Love) dan Pengalaman Merek (Brand Experience) Terhadap Keputusan Pembelian Produk UKM Batik di Pekalongan Dengan Mediasi Pemasaran Hijau (Green Marketing). (2025). Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 5(1), 1-10. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v5i1.25306