Teknik Sosiodrama Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mereduksi Konformitas Teman Sebaya

Isi Artikel Utama

Nopi Asri Widiyanti

Abstrak

Konformitas teman sebaya yang bersifat negatif memiliki dampak yang kurang baik dalam perkembangan remaja. Penelitianqini bertujuan untukpmenganalisis efektivitasbteknik sosiodramaydalam layananpbimbinganzkelompok untukbmereduksi konformitas teman sebaya padadsiswa. Penelitianzini merupakanxpenelitian kuantitatifjmenggunakan metode eksperimenbdengan rancanganxquasi experimentndesign. Sampel dalamypenelitian ini diperoleh dari angket tentang konformitas teman sebaya yang negatif dengan menggunakan teknikepurposive samplingvyang berjumlah 12dorang. Hasilnpenelitian menunjukan berdasarkanrpegujianidata menggunakan rumus uji Mann- Whitney diperoleh jumlah rangking Pretest = 21, 00 dan Ranking Postest = 57, 00. Selanjutnyaxpada tabelnTestnStatistics barisxMann-Whitney Undiketahui nilaixU 0,0 diperolehbharga Ux0,0 danxp-value = 0,004 /2 = 0,002 < 0,05. Denganxhasil kesimpulanbyaitu adanyajperbedaan tingkatgkonformitas teman sebaya sebelumzdan sesudahndiberikan teknikvsosiodrama dalam layananvbimbingan kelompok. Makaxteknik sosiodrama dalam layanancbimbingan kelompokjefektif untukbmereduksi konformitasztemanzsebaya padaxsiswa kelasnXI din SMAN 12 Banjarmasin.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Arnett, J. J. 2006. G. Stanley Hall’s Adolescence: Brilliance and nonsense. Historyrof Psychology, 9, 186-197. https://psycnet.apa.org/record/2006-12691-005.

Amin, Zakki Nurul. 2017. Portofolio Teknik-teknik Konseling. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Semarang:Universitas Negeri Semarang.

Desmita. 2016. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Desmita. 2017. Psikologi Perkembangann Peserta didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ginting, Rafael Lisinus. 2016. Teknik Sosiodrama untuk Mengurangi Konformitas yang Berlebihan pada Siswa (Penelitian Pra-Eksperimen terhadap Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama). Jurnal Diversita, Vol. 2(1), Hal. 23-30. https://ojs.uma.ac.id/index.php

Hafiz, Subhan Eljdkk. 2018. Psikologi Sosial Pengantar dalam Teori dan Penelitian. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.

Indrawan, Rully & Poppy Yaniawati. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatifi dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan.-Bandung: PT Refika Aditama.

Lanho, Amrei M. & Marta S. Garcia. 2015. Peer Effect in Risk Taking: Envy or Conformity. Journal of fRisk and Uncertainty, 50(1), 73-95. https://doi.org/10.1007/s11166-015-9209

Marliani, Rosleny. 2016. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: CV Pustaka Setia.

Payne, M. A. 2012. "all gas and no brakes!": Helpful metaphor or harmful stereotype? Journal of Adolescent Research 27(1),-3-17. https://journals.sagepub.com

Priansa, Juni Donni. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Santrock, John W. 2007. Remaja Jilid 2 Edisi ke-11. Jakarta: Erlangga.

Satriah, Lilis. 2017. Bimbingan dan Konseling Kelompok Setting Masyarakat. Bandung: FOKUSMEDIA.

Tim Penyusun Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.