Meningkatkan Growth Mindset Melalui Layanan Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIIIC SMPN 1 Sikur
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan growth mindset dengan layanan konseling kelompok untuk mengurangi prokraastinasi akademik siswa. Jenis penelitian ini pre eksperimental dengan rancangan penelitian one group pretes posttest disaign. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil yang didapatkan 6,45 >2,365 yang artinya bahwa ada pengaruh untuk meningkatkan growth mindset dengan layanan konseling kelompok untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa kelas VIIIC di SMP NEGERI 1 SIKUR. sehingga dapat disimpulkan bahwa “Jika diberikan layanan konseling kelompok dengan meningkatkan growth mndset dapat mengurangi prokrastinasi akademik siswa kelas VIIIC SMPN 1 SIKUR”.
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Cara Mengutip
Referensi
Adhiputra, N. (2015). Konseling Kelompok. Yogyakarta: Media Akademi.
Arikunto. (2013). Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo.
Carol, Dweck (2021) https://www.qubisa.com/microlearning/pengertian-growth-mindset-menurut-carol-dweck.
Carol, Dweck. (2015). Carol Dweck revisits the growt mindset. Education week
Dewa Ketut Sukardi (2000). Pengantar Pelaksanaan Program BK Di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.
Dewitte, S. & Schouwenburg. H. C. (2002). Procrastination. Temptation, and Incentive: the Struggle Between the Present and the Future in Procrastination and the Punctual. European Journal of Personality,Eur: J. Pers /<5. 469-489.
Ferari, J. R., dkk (1995). Procrastination and Task Avoidance: Theory, reearch, and treatment. New York: Resource For The Future.
Fitriya, Suharsono . (2013). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan. (STIKES). Jurnal Psikologi Islam. Vol.2. No.1 (diakses 12 Agustus 2023).
Kohlberg, L. (1995). Tahap-tahap Perkembangan Moral, diterjemahkan oleh Drs. John de Santo dan Drs. Agus Cremers SVD, Yogyakarta: Penerbit. Kanisius.
Mayasari. M.D., dkk (2020). Hubungan Antara Persepsi Mahasiswa Terhadap Metode Pengajaran Dosen Dengan Kecenderungan Pokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Hong Tuah . Surabaya : Jurnal Insan,12 (2).
Nurihsan. (2015). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling . Bandung . Refika Aditama.
Prayitno,danAmti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling.Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. (1995 ). Layanan dan Bimbingan Konseling Kelompok. Graha Indonesia.
Ramadhan, J. & Maghfiroh. (2020). Disiplin Perspektif Dolet Unaradjan: Solusi. Alternatif Dalam Mengubah Mindset Dan Perilaku Prokrastinasi Akademik. STAIN Meulaboh (JRTIE: Journal of Research and Thought on Islamic Education Vol. 3, No. 2, 2020) diakses 12 Agustus 2023).
Sari, Endah. Puspita. dkk. (2022). Teknik-Teknik Bimbingan dan Konseling Dalam Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan (diakses 12 Agustus 2023).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabet.
Sugiyono (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sigit B.Darmawan,“Mindset:Inti Pembelajaran Diri”, http://esbedewordpress.com/2009/07/29/pertumbuhan-diri/, diakses: tgl 10 Agustus 2023
Savira, Fitria & Suharsono, Yudi. (2013). Self-Regulated LearningSrl) Dengan Prokrastnasi Akademik Pada Siswa Akse-lerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. ISSN: 2301-8267 Vol. 01.
Tohirin (2012). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Pekan Baru:Bumi Lancang Kuning.
Yulianti, Dewi ., Mahyatun, B., & Almayanti, L.E. (2023). Kefektifan Layanan Bimbiingan Dengan Teknik Asertif Untuk Mencegah Game Online Pada Siswa. https://scholar.google.com/scholar?as_ylo=2022&q=Dewi+Yulianti+konseling+kelompok+&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1694132847316&u=%23p%3DKEb9APIRuKIJ.