Penerapan “SI GADIR” Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Trenggalek

Main Article Content

Vivi Yuniar Fitriani
Isnari

Abstract

The research objective was to see the effectiveness of "si gadir" to increase the self-esteem of vocational students. The research method is an experiment using a pretest-posttest group design involving 10 students who have low self-esteem as group members. The results showed that there was an increase in students' self-esteem before being given "si gadir" of 1.028 (SD 6.12) to 1.308 (SD 5.90; t (10) = 8.89, p <0.01). This research was conducted that si gadir (simulasi harga diri) can be applied to increase students' self-esteem.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fitriani, V. Y., & Isnari, I. (2020). Penerapan “SI GADIR” Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Trenggalek. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7(2), 72–78. https://doi.org/10.29407/nor.v7i2.15056
Section
Artikel

References

Jannah, Roichatul., Zen,E.F., Muslihati. 2016. Pengembangan Permainan Simulasi Keterbukaan Diri Untuk Siswa SMP. Vol 1, No. 2, 2016, hlm. 74—78 eISSN: 2503-3417. (diunduh tanggal 20 Oktober 2019)

Januarty, S., Mamesah, M., Hanim, W. 2014 Pengaruh Teknik Permainan ‘Pass The Compliment’ Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Self esteem Siswa Sekolah Dasar (Studi Kuasi Eksperimen Di Kelas III Sdn Jatinegara 10 Pagi Jakarta Timur). Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling : Vol 3 No 1 (2014). (Diunduh tanggal 23 Oktober 2019)

Khotimah, Rahmawati, H., Radjah, C.R., Handarini, D.M. 2016. Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri danProkrastinasi Akademik Pada Siswa SMP Negeri di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No. 2, 2016, hlm. 60—67. (Diunduh tanggal 10 Oktober 2019)

Muryanto, H., Kadafi, A., Trisnani, R,P., Fitriani, V,Y. 2013. Aplikasi Game Simulation untuk Mereduksi Kecemasan Siswa dalam Menghadapi UN Kelas IX SMP Negeri I Dagangan. Vol 3, No 2. (diunduh tanggal 25 Oktober 2019)

Oktaviani,M.O. 2019. Hubungan Penerimaan Diri dengan Harga Diri pada Remaja Pengguna Instagram di Kota Samarinda. jurnal Psikoborneo, Vol. 7 No.4. (diunduh tanggal 26 Oktober 2019)

Putro, Eko Adi., Sugiharto, DYP., Sugiyo. 2013. Keefektifan BK Kelompok dengan Menggunakan Permainan untuk Mengurangi Communication Apprehension Siswa SMA Kelas X. JBK 2 (1) (2013)

Romlah Tatik.2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: ` Universitas Negeri Malang

Santrock, John W. 2007. Adolescene. Boston: Mc.Graw-Hill

Susanti, D., Istirahayu, I. (2016). Identifikasi Self Esteem Siswa Kelas X TN3 SMK Mudita Singkawang. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, Volume 1 Nomer 2 bulan September hal.29-30, p-ISSN:2477-5916 e-ISSN: 2477-8370 (diakses tanggal 26 Februari 2020)

Srivastava, Rekha , and Shobhna Joshi. 2014. Relationship between Self-concept and Self-esteem in adolescents. International Journal of Advanced Research, Volume 2, Issue 2,36-43. ISSN 2320-5407. Journal homepage: http://www.journalijar.com. (diakses tanggal 21 Januari 2020)

Stanley Coopersmith. (1967). The Antecedents of Self Esteem. Freeman Company: San Francisco