Konstruksi Teknik Konseling Berbasis Budaya Model KIPAS untuk Meningkatkan Kecakapan Sosial dan Kematangan Karier Siswa

Main Article Content

Nisa Ariantini
Muhammad Nikman Naser
Ahmad Hanafi

Abstract

Setiap budaya memiliki sistem nilai yang dapat menjadi strategi dan penguatan bagi siswa dalam menyelesaikan tugas perkembangan khususnya bidang sosial dan karier. Problematik yang menjadi sorotan pada generasi milenal saat ini ialah siswa kurang memiliki kecakapan hidup sosial yang produktif dan belum optimalnya kematangan karier untuk masa akan datang. Pendekatan konseling berbasis budaya model KIPAS dapat menjadi alternatif solusi untuk mengatasi problematik tersebut, karena sesuai dengan konteks budaya Indonesia. Penelitian ini menjadi suatu kajian untuk mendeskripsikan serta mengkonstruksikan teknik yang akan diterapkan dalam proses konseling berbasis budaya berupa permainan rakyat yang memiliki nilai, falsafah hidup dan pepatah budaya nusantara

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ariantini, N., Naser, M. N., & Hanafi, A. (2019). Konstruksi Teknik Konseling Berbasis Budaya Model KIPAS untuk Meningkatkan Kecakapan Sosial dan Kematangan Karier Siswa. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(1), 26-32. https://doi.org/10.29407/nor.v6i1.13080
Section
Artikel
Bookmark and Share

References

Bogdan & Biklen. 1990. Riset Kualitatif untuk Pendidikan. Jakarta: Depdikbud Proyek Pengembangan Pusat Fasilitas Bersama Antar-Universitas.

Crites, J.O.1986. Career Counseling: Models, Methods and Materials. New york: McGraw-Hill Book Company.

Jawarneh, Muhammad. 2016. Career Maturity Among University Students in Jordan: The Case For Social Studies. Australian Journal of Career Development. Vol. 25 (3). 110-116.

McCluskie, K. 2010. Aquiring Counseling Skills: Integrating Theory, Multicultulralism, and Self-Awerness. New Jersey: Pearson Education Inc.

Mappiare-AT., A., 2013. Tipe-Tipe Metode Riset Kualitatif : Untuk Eksplanasi Sosial Budaya dan Bimbingan Konseling. Malang: Elang Emas.

Mappiare-AT., 2017. Meramu Model Konseling Berbasis Budaya Nusantara: KIPAS (Konseling Intensif Progresif Adaptif Struktur). Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Ilmu Budaya Konseling Pada Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang: 28 Februari 2017.

Ricoeur P. 2003. Theory of Interpretation. Terjemahan Musnur Hery. Yogyakarta:IRCisod.

Rigazio-DiGilio, A.A. 2001.’Postmodern Theories of Counseling’. Dalam Locke,D.C, dan Myres, J. E, dan Herr, E.L. (Eds). The Handbook of counseling (hlm197-216). Thousand Oaks, London; Sage Publication.

Strong, T. 2008. Meaning–Making Lenses in Counseling. Discursive, Hermeneutik Phenomennological, and Autoethnographic Perspectives. Canadian Journal of Counseling. Vol.42 (2).

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif dan R&P. Bandung: Alfabeta.

Triandis, H.C. 1994. Culture and Social Behavior. New York: Mc Graw-Hill. Inc.