Meningkatkan Orientasi Pilihan Karier Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving Pada Siswa Kelas XII TPM 2 SMK Negeri 1 Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017 Pilihan Karier

Main Article Content

Praptanti Dyah Fitriana

Abstract

Mengingat pentingnya masalah karier dalam kehidupan manusia, maka sejak dini siswa perlu dipersiapkan dan dibantu untuk merencanakan tentang kariernya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan pendidikan dan pemahaman orientasi karier yang berkelanjutan. Menyadari keadaan yang demikian maka perlu dilaksanakan bimbingan karier yang menekankan kegiatan- kegiatan dan informasi yang sistematis tentang dunia kerja dan alternatif pendidikan dimasa yang akan datang.  Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving  dapat meningkatkan orientasi pilihan karier siswa kelas XII TPm 2 SMK Negeri 1 Trenggalek tahun pelajaran 2016/2017”.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui  penerapan  layanan  bimbingan  kelompok  dengan teknik problem solving dalam meningkatkan orientasi pilihan karier siswa kelas XII TPm 2 SMK Negeri 1 Trenggalek tahun pelajaran 2016/2017. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII TPm 2 SMK Negeri 1 Trenggalek tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan observasi.Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan orientasi pilihan karier siswa setelah dilakukan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Data yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan orientasi pilihan karier pada siswa dari yang semula frekuensi orientasi pilihan karier  hanya  69,44% (pada siklus I) dengan kriteria rendah, meningkat menjadi 88,89% (pada siklus II) termasuk dalam kriteria tinggi. Pada siklus 2, indikator keberhasilan yang sudah direncanakan di awal penelitian telah tercapai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan orientasi pilihan karier siswa kelas XII TPm 2 SMK Negeri 1 Trenggalek tahun pelajaran 2016/2017, sehingga hipotesis yang diajukan di awal penelitian ini dapat diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fitriana, P. D. (2018). Meningkatkan Orientasi Pilihan Karier Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving Pada Siswa Kelas XII TPM 2 SMK Negeri 1 Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017: Pilihan Karier. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(2), 44–52. https://doi.org/10.29407/nor.v5i2.13022
Section
Artikel

References

Slameto. 2008. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aristiani. 2005. Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok dan Layanan Bimbingan Belajar dalam meningkatkan Perencanaan Karir Siswa kelas I SMKN 1 Semarang. Program Studi BK UNNES (Skripsi tidak diterbitkan).
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Surabaya: UM.