Pelatihan “Kreasi Gemas” Sebagai Media Penguatan Literasi Finansial Melalui Pembuatan Produk Kreatif Gantungan Kunci Makrame

Authors

  • Salsabina Putri Prasetyowati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sagita Dewi Anggraini Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Alvina Venty Vaticasary Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sindy Auliarahma Berlianty Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Kharisma Eka Putri Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27666

Keywords:

Pelatihan, Makrame, Produk Kreatif, Bisnis

Abstract

Program Kreasi Gemas yang menyasar siswa kelas 6A dan 6B SD Negeri Manggis 2 Puncu dikembangkan untuk mengintegrasikan keterampilan seni dengan pemahaman dasar kewirausahaan. Metode pelaksanaan ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.  Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kreativitas, keterampilan motorik halus, serta pemahaman siswa mengenai nilai ekonomis produk dan prinsip pemasaran dasar. Selain menghasilkan produk yang menarik, kegiatan ini mendorong siswa untuk melihat peluang usaha dari kerajinan makrame.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract views: 3 , PDF downloads: 9

References

Damariswara, R., Mukmin, B. A., Permana, E. P., Wiguna, F. A., Imron, I. F., Putri, K. E., & Kurnia, I. (2023). Pelatihan Pembuatan Flyer Sebagai Keterampilan Digital Abad Ke-21 Bagi Mahasiswa PGSD Dan Guru SD. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar.

Herniati, R., Sulistri, E., & Rosdianto, H. (2017). Penerapan Model Predict Observe Explain dengan Pendekatan Learning By Doing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Fisika FLUX, 14(2), 120–128.

Laila, V., Hadi, S., & Subanji. (2019). Pelaksanaan Pendidikan Literasi Finansial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.

Latipah, E. L., Zaman, M. B., Antika, T. L., Wahana, A. N. P. D., & Khojin, N. (2023). Pelatihan Mmeningkatkan Motorik Anak dalam Pembuatan Gantungan Kunci (Souvenir) berbasis Kewirausahaan. Era Abdimas: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Multidisiplin, Vol 2 (4), 22-28.

Nguyen, H. V., Ha, G. H., Nguyen, D. N., Doan, A. H., & Phan, H. T. (2022). Understanding Financial Literacy and Associated Factors Among Adult Population in a Low-middle Income Country. Heliyon, 8(6).

Puspitasari, F., Nurindah, M. S., Karmila, M., & Pratama, M. R. B. (2024). Development of Macramé Art Interactive Multimedia Learning on The Bag Product as an Innovative Learning and Teaching. Atlantis Press SARL.

Saidah, K., Laila, A., Damariswara, R., Kurnia, I., Wiguna, F. A., Mukmin, B. A., Permana, E. P., Mujiwati, E. S., & Diyaurrahman, R. N. F. (2024). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi berbasis Model Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Guru SD Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-12-22

How to Cite

Pelatihan “Kreasi Gemas” Sebagai Media Penguatan Literasi Finansial Melalui Pembuatan Produk Kreatif Gantungan Kunci Makrame. (2025). Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 5(2), 282-290. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v5i2.27666

Most read articles by the same author(s)