Pelatihan Peningkatan Kualitas Publikasi Penelitian Bagi Mahasiswa Doktoral di Universitas Negeri Semarang
Abstract
Community service aims to provide assistance to doctoral students through research article writing seminars. The purpose of this service is to enhance the understanding and skills of doctoral students in writing high-quality research articles that meet academic standards. The methods employed in this service include organizing seminars on research article writing, in which doctoral students participate. The seminars cover various important aspects of research article writing, such as article structure, introduction writing, theoretical frameworks, research methodologies, data analysis, and conclusions. Additionally, evaluation criteria and practical tips for producing quality articles are also discussed. The results of this community service indicate that the research article writing seminars offer significant benefits to doctoral students. Participants enhance their understanding of the essential components of research article writing and have the opportunity to discuss and exchange ideas with fellow doctoral students and experienced speakers
Downloads
References
Darmalaksana, W. (2016). Penelitian Kompetitif Berbasis Publikasi Jurnal (Telaah Rencana Kinerja Pusat Penelitian dan Penerbitan). Jurnal Riset Dan Inovasi.
Darmalaksana, W. (2017). Panduan publikasi ilmiah: Perangkat aplikasi, standar penulisan dan etika penelitian. Jurnal Riset Dan Inovasi, 2.
Fatmawati, E. (2017). Penguatan Publikasi Ilmiah Dosen Melalui Kiprah Pustakawan Perguruan Tinggi. LIBRARIA: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(2).
Mahmudati, N., Waluyo, L., & Pantiwati, Y. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penelitian dan Publikasi Ilmiah untuk Guru Anggota MGMP IPA Kota Malang. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(2). https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i2.662
Shokri, A. (2017). Quantitative analysis of Six Sigma, Lean and Lean Six Sigma research publications in last two decades. In International Journal of Quality and Reliability Management (Vol. 34, Issue 5). https://doi.org/10.1108/IJQRM-07-2015-0096
Yusuf, M., & Jamali, Y. (2019). Kompetensi supervisi kepala sekolah Dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i1.979
Copyright (c) 2023 Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0