Pendampingan Pelatihan Pramuka Siaga Sebagai Bentuk Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Siswa Kelas III SD Negeri Kaligangsa Kulon 01
Abstract
Scouting activities in the independent curriculum are compulsory extracurriculars. However, at SD Negeri Kaligangsa Kulon 01, scouting activities are often hampered due to school conditions that are often inundated by water during the rainy season. Scouting activities also tend to focus on the material so that it feels boring. This method of community service activities is divided into two stages, namely training, preparation of activity design and implementation of scouting activities. The result of this community service is the design of game-based scouting activities. In addition, at the implementation stage, it was also found that the design of this activity was flexible so as to minimize the problems of scouting activities that occurred at SD Negeri Kaligangsa Kulon 01. Students in this community service activity can also develop cooperative, meticulous, and creative characters from the material of solving secret messages written using ciphers. The suggestions that can be given are, games as innovations in delivering scouting material, need to be adjusted to the material to be delivered.
Downloads
References
Dharmayana, I. W. B., & Wiguna, I. B. A. A. (2021). Peran pendidikan pramuka dalam menumbuhkan pendidikan karakter pada anak usia 11-15 tahun. Jurnal Ilmu Pendidikan, 01(01), 56–70.
Gandasari, M. F. (2020). Pengembangan model pemanasan berbasis permainan pramuka pada siswa SMP. JOSEPHA: Journal of Sport Science And Physical Education, 1(1), 26–32. https://doi.org/10.38114/josepha.v1i1.34
Kemdikbud. 2014. Kepramukaan Bahan Ajar Implementasi Kurikulum 2013 untuk Kepala Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan SDM
Kurniawan, R., Razaq, A. G., & Poerbaningtyas, E. (2021). Perancangan board game sebagai media penunjang untuk meningkatkan minat kegiatan ekstrakurikuler pramuka penggalang siswa sekolah dasar. Jurnal Desain, 8(2), 132–146. https://doi.org/10.30998/jd.v8i2.8166
Natal Kristiono. 2018. Buku Pintar Pramuka untuk Madrasah Ibtidaiyah. https://www.researchgate.net/publication/324693031_Buku_Pintar_Pramuka_untuk_Madrasah_Ibtidaiyah
Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2022). Membentuk karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka pada anak usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603
Copyright (c) 2023 Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal tersebut, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0