Pelatihan Penggunaan Sparkol VideoScribe Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuatan Video Animasi Bagi Siswa SMP

  • Umniy Salamah Universitas Mercu Buana
  • Ida Farida Universitas Mercu Buana
  • Bagus Priambodo Universitas Mercu Buana
  • Handrie Noprisson Universitas Mercu Buana
  • Vina Ayumi Universitas Mercu Buana
  • Yuwan Jumaryadi Universitas Mercu Buana
Abstract views: 56 , pdf downloads: 68

Abstract

Beberapa tahun ini kita dihadapi dengan pandemi Covid 19 sehingga semua sektor aktifitas hampir lumpuh disebabkan penyebaran pandemi ini begitu cepat yang mengakibatkan sulitnya berinteraksi dengan jarak dekat antar satu orang dengan orang yang lain atau dihimbau untuk untuk tidak berkumpul dengan banyak orang.  Tidak luput juga dalam hal kegiatan belajar mengajar, aktifitas ini membuat hampir semua tempat belajar mengajar untuk sementara waktu masih ada yang tidak diperbolehkan untuk berkumpul atau dibatasi banyak orang dalam satu tempat (kelas) sehingga masih ada yang dilakukan secara daring di rumah baik untuk siswa/mahasiswa dan pengajar guru/dosen. Wilayah SUDIN Pendidikan Jakarta Barat juga salah satu termasuk daerah yang terkena pandemi. VideoScribe merupakan video animasi tangan yang membuat sebuah gambar. Gambar-gambar ini akan dirangkai membentuk suatu rangkaian cerita dalam bentuk video. Maka dengan adanya pandemi ini teori Dabbagh dan Ritland serta VideoScribe sesuai untuk dijadikan pelatihan ini karena dapat diaplikasikan pada masa pandemi agar untuk mempermudah proses belajar mengajar para guru dan siswa dalam belajar online atau daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Munawarah, R. (2019). Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430–437.

Bulan, S., & Rohmadani, zahro varisna. (2022). Teknik Preprocessing Pada Text Mining Menggunakan Data Tweet “Mental Health.” Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 59–65.

Gulyas, O., & Kiss, G. (2023). Impact of cyber-Attacks on the financial institutions. Procedia Computer Science, 219, 84–90. https://doi.org/10.1016/j.procs.2023.01.267

Harmaji. (2022). Work From Anywhere (WFA) Sebagai Pola Kerja Baru Pasca Pandemi COVID-19. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-makassar/baca-artikel/15238/Work-From-Anywhere-WFA-Sebagai-Pola-Kerja-Baru-Pasca-Pandemi-COVID-19.html

Komisi XI, -. (2023). PPKM Resmi Dicabut, Puteri Komarudin Apresiasi Keberhasilan KPC-PEN Kendalikan Pandemi. Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/42629/t/PPKM+Resmi+Dicabut%2C+Puteri+Komarudin+Apresiasi+Keberhasilan+KPC-PEN+Kendalikan+Pandemi

Mutezar, A. A., & Umniy Salamah. (2021). Pengembangan Sistem Manajemen Event Pameran Karya Mahasiswa Menggunakan Metode Extreme Programming. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 5(4), 809–819. https://doi.org/10.29207/resti.v5i4.3249

Noprisson, H., & Ayumi, V. (2018). Implementasi Algoritma Nazief-Adriani Pada Fitur Tebak Kata Di Web Edukasi Bahasa Indonesia. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 1(1), 18–23. https://doi.org/10.36085/jsai.v1i1.10

Perdana Putra, I. W. D., Gading, I. K., & Dibia, I. K. (2021). Science Learning with VideoScribe-Based Learning Video for Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 260. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.35883

Sarifah, R., & Ulfa, S. M. (2020). The effectiveness of videoscribe as innovative media to increase students reading comprehension. English Teaching Journal: A Journal of English Literature, Linguistics, and Education, 8(1), 19–24. https://doi.org/10.11591/etj.v8i1.6440

Wahyudi, D., & Amir MZ, Z. (2022). Development of video learning media assisted by Sparkol Videoscribe to facilitate the ability to understand mathematical concepts of students. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 5(3), 306–314. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i3.165

PlumX Metrics

Published
2024-01-03
Section
Articles