Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Digital Berbasis Socio-Scientific Issues  (SSI) Pada Materi Bioteknologi Kelas IX SMP

Authors

  • Dewi Peronika Hutasoit Universitas Negeri Medan
  • Endang Sulistyarini Gultom Universitas Negeri Medan
  • Rini Hafzari Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.29407/jbp.v12i2.25813

Keywords:

Buku saku digital, Socio-scientific issues, Bioteknologi, Addie

Abstract

 

Kurangnya bahan ajar yang mengintegrasikan konsep bioteknologi dengan isu-isu nyata dalam kehidupan sehari-hari menjadi salah satu faktor rendahnya keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA. Pendekatan Socio-Scientific Issues (SSI) hadir sebagai solusi dengan mengaitkan materi pembelajaran dalam konteks sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku digital berbasis SSI pada materi Bioteknologi kelas IX SMP serta mengukur kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas awal penggunaannya. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, terbatas pada tahap analysis, design, dan development. Uji kelayakan dilakukan oleh ahli materi, media, dan pembelajaran. Kepraktisan diukur melalui angket respon guru dan peserta didik, sedangkan efektivitas awal diuji melalui perbandingan hasil pretest dan posttest pada kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku saku digital yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dan kepraktisan, serta menunjukkan efektivitas awal masuk ke dalam kategori sedang atau efektifi dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep bioteknologi. Dengan demikian, buku saku digital berbasis SSI ini dapat menjadi salah satu alternatif bahan ajar kontekstual yang mendukung pembelajaran IPA secara lebih bermakna dan aplikatif.

Abstract views: 6 , PDF downloads: 5

References

Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis kesulitan belajar dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar IPA Peserta didik SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 90-101. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868

Astiti, K. A., Yusuf, Y. M., & Kalendiwau, A. J. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Tipe Connected Pada Materi Zat Dan Karakteristiknya. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 6(4), 22-28.

Badeo, JM, & Duque, DA (2022). Dampak Isu Sosial Ilmiah (ISM) dalam Pembelajaran Sains: Sebuah Studi Meta-Analisis. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Sains, 12 (2), 291-302. https://doi.org/10.3926/jotse.1340

Baharuddin, Halimah, A., Nursalam, N., & Mattoliang, L. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 97–110.

Dusturi, N., Nurohman, S., & Wilujeng, I. (2024). Socio-scientific issues (SSI) approach implementation in science learning to improve students’ critical thinking skills: Systematic literature review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 149-157.

Endaryati, S. A., Atmojo, I. R. W., St Y, S., & Suryandari, K. C. (2021). Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 300-312.

Febriana, R. N., Suryani, D. I., & Taufik, A. N. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Socio-Scientific Issues pada Tema Food Loss and Food Waste untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 445-453.

Fita, M. N., Jatmiko, B., & Sudibyo, E. (2021). The effectiveness of problem-based learning (PBL) based socioscientific issue (SSI) to improve critical thinking skills. Studies in Learning and Teaching (SiLeT), 2(3), 1–9.

Fitriyani, A., & Susiyawati, E. (2024). Pembelajaran IPA berbasis socio-scientific issues untuk meningkatkan kemampuan scientific literacy siswa SMP. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 9(2), 257–267.

Harahap, S. P. R., Andrian, F., & Annisah, S. (2024). Efektivitas Media Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5676-5687.

Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28-37.

Högström, P., Gericke, N., Wallin, J., & Bergman, E. (2024). Teaching Socioscientific Issues: A Systematic Review. Science & Education, 1-44. https://doi.org/10.1007/s11191-024-00542-y

Kartika, I., Kurniasih, S., & Pursitasari, I. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issues pada Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta didik. Journal of Science Education and Practice, 3(1), 1-12. 10.33751/jsep.v3i1.1375

Khoir, Z., & Aghni, R. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Digital Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(6), 84-99.

Kurniawan, M., Palennari, M., & Jamaluddin, A. B. (2024). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berorientasi socio-scientific issue terhadap keterampilan pemecahan masalah ditinjau dari kemampuan akademik siswa pada pembelajaran biologi. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 12(2), 2666–2679.

Laksono, R. K. S., & Wibowo, Y. (2022). Pengembangan bahan ajar berbasis socio-scientific issues untuk meningkatkan higher order thinking skill. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 10(4), 752-765.

Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Problem Based Learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66-77.

Nisya, K., Derlina., & Bunawan, W. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 13(1), 48-55. https://doi.org/10.24114/jpf.v13i1.26739

Nurhalimah, S., Latip, A., & Purnamasari, S. (2024). Analisis Pendekatan Socio-Scientific Issues (SSI) dalam Pembelajaran IPA terhadap Literasi Saintifik. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 1987-2000. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13540

Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. (2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. JPPIPAI: Jurnal Pendidikan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Indonesia, 1(2), 1-12.

Pratiwi, E., Suryanti, & Sudibyo, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Socio Scientific Issues Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Education and development, 9(1), 273-273.

Pulungan, A. N., & Sitepu, P. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Terintegrasi Problem Based Learning (PB:) pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 3(2), 201-207.

Putri, E. L. W., & Fatonah, K. (2022). Identifikasi Bahan Ajar Guru dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia di SDN Pondok Aren 01 Tangerang Selatan. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 16-38. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v3i1

Septiningrum, D., Khasanah, N., & Khoiri, N. (2021). Pengembangan bahan ajar biologi materi virus berbasis socio-scientific issues (SSI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 87–104.

Setiyaningrum, S., & Suratman, B. (2020). Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 305-317.

Silaban, M.K., Tanjung, D.S., Abi, A.R., & Silaban, P.J. (2023). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Sekolah Dasar (Studi Kasus) Pada Kelas 3 UPT Sekolah Dasar. School Education Journal, 13(4), 360-369.

Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis kontekstual dengan konsep tri hita karana untuk meningkatkan pemahaman konsep Peserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 479-490.

Wisdayana, N., Achyani, A., Aththibby, A. R., & Pratiwi, D. (2025). Integrasi Literasi Sains pada Bahan Ajar Berbasis Socio Scientific Issues. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 40-50.

Yuniar, A. R., Subandowo, M., & Karyono, H. (2021). Pengembangan bahan ajar informatika berbasis google site custome domain. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(2), 360-368. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.2105

Zeidler, D. L., & Nichols, B. H. (2009). Socioscientific issues: Theory and practice. Journal of elementary science education, 21(2), 49-58.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-10-30

How to Cite

Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Digital Berbasis Socio-Scientific Issues  (SSI) Pada Materi Bioteknologi Kelas IX SMP. (2025). Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 12(2), 216-228. https://doi.org/10.29407/jbp.v12i2.25813

Similar Articles

1-10 of 20

You may also start an advanced similarity search for this article.