IMPLEMENTASI INKUIRI BEBAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR MAHASISWA AKAFARMA SUNAN GIRI PONOROGO TAHUN AKADEMI 2015/2016
Abstract
Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam tercapainya
tujuan pembelajaran. Di Akafarma Sunan Giri Ponorogo, metode pembelajaran kuliah maupun
praktikum yang berlangsung selama ini lebih banyak didominasi oleh dosen maupun asisten.
Hal ini menyebabkan mahasiswa kurang mandiri dan kurang aktif dalam melaksanakan proses
kegiatan pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut, Metode Inkuiri Bebas merupakan salah
satu metode pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar
mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Inkuiri Bebas dalam
upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa Akafarma Sunan Giri Ponorogo tahun akademi
2015/2016. Penelitian ini menggunakan subyek peneliti mahasiswa Akafarma Sunan Giri
Ponorogo semester IV ( empat ) Tahun Akademi 2015/2016 dengan jumlah mahasiswa 25
mahasiswa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh
secara langsung dari mahasiswa dan dosen yang meliputi aspek kognitif, data motivasi
mahasiswa, aktifitas mahasiswa, aktifitas dosen. Teknik pengumpulan data yang diperoleh
menggunakan Tes Tulis, Lembar observasi dan Angket. Dalam menganalisa data aspek kognitif
digunakan rumus ketuntasan belajar individual dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I aspek kognitif, motivasi, dan aktifitas dosen
sudah menunjukkan hasil yang mencapai indikator, sedangkan aktifitas mahasiswa belum
mencapai indikator yang diinginkan, yaitu 64% yang diinginkan adalah 80%. Pada siklus II,
terjadi peningkatan menjadi 92% sehingga dapat dikatakan pada siklus II ini sudah mencapai
indikator yang diinginkan. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan
bahwa metode inkuiri bebas dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Kata Kunci : Metode Inkuiri Bebas, Aktifitas Belajar Siswa, Akafarma Sunan Giri Ponorogo.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License