PERSEPSI STRES MAHASISWA PERAWAT DALAM MENGHADAPI PRAKTEK KLINIK KEPERAWATAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Endah Tri Wijayanti
Elysabet Herawati

Abstract

Profesi perawat dituntut untuk selalu tanggap dan terampil dalam setiap kondisi di lahan. Tuntutan tersebut tentunya berlaku juga untuk mahasiswa perawat yang akan menempuh praktek di rumah sakit. Penguasaan pengetahuan, skill, adaptasi dengan lingkungan baru dapat memicu stress pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stress yang dipersepsikan oleh mahasiswa perawat yang akan menempuh kegiatan praktek di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan sampel seluruh  mahasiswa yang menempuh pendidikan keperawatan di Universitas Nusantara PGRI Kediri pada tingkat 1 sejumlah 24 orang. Instrument yang digunakan adalah Perceived Stress Scale (PSS) oleh Cohen. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa tingkat stres mahasiswa dalam kategori sedang sebesar 88%; berat 12%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah mahasiswa perawat yang akan menjalani praktek klinik mempunyai tingkat stress sedang. Rekomendasi bagi pihak akademik dan lahan adalah bagaimana keduanya lebih mempersiapkan bekal bagi mahasiswa baik pengetahuan dan skill serta pendampingan yang humanistik saat mahasiswa menjalankan raktek.  

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Tri Wijayanti, E., & Herawati, E. (2023). PERSEPSI STRES MAHASISWA PERAWAT DALAM MENGHADAPI PRAKTEK KLINIK KEPERAWATAN. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 7(1), 111–117. Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/akper/article/view/20273

References

    Aslan, H., & Akturk, U. (2018). Nursing education stress levels of nursing students and the associated factors. Annals of Medical Research, 25(4), 660–666. https://doi.org/10.5455/annalsmedres.2018.06.108
    Bilgic, S., & Celikkalp, U. (2021). Assessment of Nursing Students ’ Stress Levels and Coping Strategies During Their First Clinical Experience, (13). https://doi.org/10.33808/clinexphealthsci.777904
    Goulet, L. R., & Baltes, P. B. (2013). Life-span developmental psychology: Research and theory. USA: Academic Press.
    Happell, B., Dwyer, T., Reid-Searl, K., Burke, K. J., Caperchione, C. M., & Gaskin, C. J. (2013). Nurses and stress: recognizing causes and seeking solutions. Journal of Nursing Management, 21(4), 638–647. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/jonm.12037
    Hermawan, A. H., Makaginsar, C., & Romadhona, N. (2022). Literature Review : Hubungan Usia dan Jenis Kelamin dengan Tingkat Stress pada Tenaga Kesehatan. In Bandung Conference Series : Medical Science (Vol. 2, pp. 827–833).
    Labrague, L. J., McEnroe-Petitte, D. M., Gloe, D., Thomas, L., Papathanasiou, I. V, & Tsaras, K. (2017). A literature review on stress and coping strategies in nursing students. Journal of Mental Health, 26(5), 471–480. https://doi.org/10.1080/09638237.2016.1244721
    Melincavage, S. M. (2011). Student nurses’ experiences of anxiety in the clinical setting. Nurse Education Today, 31(8), 785–789. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.nedt.2011.05.007
    Öğrencilerinin, H., Klinik, A., & Düzeyi, S. (2017). Nursing Students ’ Perceived Levels of Clinical Stress , Stress Responses and Coping Behaviors. Journal of Psychiatric Nursing, 8(1), 32–39. https://doi.org/10.14744/phd.2017.22590
    Onieva-zafra, M. D., Fernández-muñoz, J. J., Fernández-martínez, E., García-sánchez, F. J., Abreu-sánchez, A., & Parra-fernández, M. L. (2020). Anxiety , perceived stress and coping strategies in nursing students : a cross- sectional , correlational , descriptive study, 1–9.
    Rahmawati, H. K., Djoko, S. W., Diwyarthi, N. D. M. S., Aldryani, W., Ervina, D., Miskiyah, M., … Irwanto, I. (2022). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN. (N. Rismawati, Ed.), CV WIDINA MEDIA UTAMA. Bandung: CV WIDINA MEDIA UTAMA.
    Senturk, S., & Dogan, N. (2018). Determination of the Stress Experienced by Nursing Students ’ During Nursing Education. International Journal of Caring Sciences, 11(2), 896–904.
    Smith, S. A. (2014). Mindfulness-Based Stress Reduction: An Intervention to Enhance the Effectiveness of Nurses’ Coping With Work-Related Stress. International Journal of Nursing Knowledge, 25(2), 119–130. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/2047-3095.12025
    Sutjiato, M., & Tucunan, G. D. K. A. A. T. (2015). Hubungan Faktor Internal dan Eksternal dengan Tingkat Stress pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado Internal and External Factors Correlated with Stress Levels Medical Students University of Sam Ratulangi. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Unsrat, 5(1), 30–42.
    Vellyana, D., Lestari, A., & Rahmawati, A. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan pada pasien preoperative di RS Mitra Husada Pringsewu. Jurnal Kesehatan, 8(1), 108–113.