Main Article Content

Abstract

Pandemi Covid-19 menuntut kehidupan berubah dalam kurun waktu yang cepat. Pendidikan tidak lepas dari arus tuntutan transisi. Banyak negara yang mengambil kebijakan penutupan sekolah sebagai langkah menyelamatkan pendidikan dari bahaya virus, begitu juga di Indonesia. Susilowati, dkk (2020) telah melakukan penelitian yang menemukan 75% orang tua mengalami stres dalam menghadapi anak yang belajar dari rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi stres orang tua dan wali anak prasekolah di TK Al Baitul Amien Jember selama sekolah online di masa pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, desain penelitian survey, menggunakan alat ukur angket, dan pengolahan data menggunakan statistik deskriptif. Usia orang tua dan wali anak PAUD di TK Al Amien sebagian besar berada pada kelompok usia 25-30 tahun yaitu sebesar 63,3%. Sebanyak 68,9% responden adalah orang tua perempuan dan tingkat pendidikan orang tua anak pra sekolah sebagian besar lulusan sarjana, yaitu 67,8%. Hampir setengah dari pekerjaan orang tua wali anak pra sekolah adalah tenaga profesional seperti staf pengajar, tenaga medis, karyawan perusahaan, dll dengan 32,2% dan sebagian besar memiliki 1 anak dalam keluarga dengan 47,4%. Tingkat stres orang tua dan wali anak pra sekolah sebagian besar stres ringan dengan 60%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa stres dapat dipengaruhi oleh umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan pekerjaan dan sebagian besar responden yaitu orang tua wali murid anak pra sekolah mengalami stres ringan.

Article Details

How to Cite
Iman Sari, A., & Gumiarti, G. (2022). KEJADIAN STRES ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID 19. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 6(1), 65-72. https://doi.org/10.29407/judika.v6i1.17976

References

  1. M. (2016) ‘Stres Dan Cara Mengatasinya Dalam Perspektif Psikologi’, JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), p. 183. doi: 10.22373/je.v2i2.815.
  2. Aufar, A. F. and Raharjo, S. T. (2020) ‘Kegiatan Relaksasi Sebagai Coping Stress Di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), p. 157. doi: 10.24198/jkrk.v2i2.29126.
  3. Kemdikbud (2020) ‘Panduan Pembelajaran Jarak Jauh’, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, p. 28. Available at: https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/panduan-pembelajaran-jarak-jauh/.
  4. Moh Muslim (2020) ‘Moh . Muslim : Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19 ” 193’, Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), pp. 192–201.
  5. Prasetyo, H. (2005) Manajemen Stres, Jakarta.
  6. Sudarman, S. and Ardian, A. (2021) ‘the Development of Interactive Module To Support Student Centered Learning’, Akademika, 10(01), pp. 77–92. doi: 10.34005/akademika.v10i01.1344.
  7. Sukadiyanto (2010) ‘Stress dan Cara mengatasinya’, Cakrawala Pendidikan, 29(1), pp. 55–66.
  8. Susilowati, E. (2020) ‘Bagaimana Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19 melalui Grup WhatsApp ?’, Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(03), pp. 1–25.
  9. Syah, R. H. (2020) ‘Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran’, SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5). doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.
  10. Syariful Anam and Elya Umi Hanik (2020) ‘Problematika Kebijakkan Pendidikan di Tengah Pandemi dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar’, Jurnal Qiroah, 10(2), pp. 73–81. doi: 10.33511/qiroah.v10n2.73-81.