Main Article Content

Abstract

Anemia pada kehamilan dapat mengakibatkan dampak yang membahayaakan bagi ibu dan janin. Bahaya anemia terhadap kehamilan dapat terjadi abortus, persalinan prematuritas, ancaman dekompensasi Hemoglobin kurang dari enam, mola hidatidosa, hyperemesis gravidarum, perdarahan antepartum dan KPD. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh sari kurma terhadap kenaikan kadar hemoglobin pada ibu hamil trimester II dengan anemia di RS M Yusuf Kalibalangan Lampung Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre- eksperimental dengan rancangan one group pretest post test. Populasi Ibu Hamil trimester II dengan anemia yang melakukan pemeriksaan di RS M Yusuf Kalibalangan Lampung Utara sebanyak 10 Ibu Hamil. Pengambilan sampel berdasarkan Total Sampling sejumlah 10 responden. Analisa data dengan uji statistik t dua sampel berpasangan menggunakan program spss. Penelitian menunjukan sebagian besar responden setelah pemberian sari kurma menjadi tidak mengalami anemia yaitu sebanyak 8 responden (80%), dan sebagian kecil dikategorikan mengalami anemia ringan sebanyak 2 responden (20%) dari total 10 responden dan ada pengaruh antara pemberian sari kurma terhadap kenaikan kadar hemoglobin pada ibu hamil trimester II dengan anemia di RS M Yusuf Kalibalangan Lampung Utara dengan nilai sig p value (0,000 < 0,005) maka, H0 ditolak dan H1 diterima. Dalam penelitian ini adalah ada pengaruh pemberian Jus Buah Bit terhadap kenaikan kadar hemoglobin pada ibu hamil trimester II dengan anemia di RS M Yusuf Kalibalangan Lampung Utara. Untuk itu responden diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang anemia, dengan cara melakukan pemeriksaan dan konsultasi ke tenaga kesehatan terdekat ataupun membaca lewat buku maupun media sosial.

Article Details

How to Cite
Mesi Setiana, E., & Lailaturohmah, L. (2022). Pengaruh Pemberian Jus Buah Bit Terhadap Kenaikan Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil Trimester II Dengan Anemia di RS M Yusuf Kalibalangan Lampung Utara. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 6(2), 49-57. Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/akper/article/view/19173

References

  1. Amalia. (2018). Pengantar Pendidikan Kesehatan Dan Ilmu Prilaku. Rineka Cipta.
  2. Anggraini DD, S. N. (2019). Pengaruh Pemberian Jus Buah Bit Terhadap Kenaikan Kadar Hb Pada Ibu Hamil Trimester III.
  3. Aryanti, dkk. (2013). Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Anemia pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun 2013.
  4. Cunningham FG. (2014). Williams Obstetrics (24N ed.). The McGraw-Hill Companies.
  5. Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. (2016). Rencana Strategis Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Tahun 2015-2019. Provinsi Lampung.
  6. Fadli, & F. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kejadian Anemia pada Ibu Hamil.
  7. Fathonah. (2016). Gizi & Kesehatan Untuk Ibu Hamil. Erlangga.
  8. Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI.
  9. Kundaryanti R. (2018). Pengaruh Pemberian Jus Bayam Hijau Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil Anemia di Wilayah Kerja Puskesmas Pasar Minggu Jakarta Selatan .
  10. Manuaba, I. B. G. (2015). Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan Dan Keluarga Berencana Untuk Pendidikan Bidan. EGC.
  11. Stephana W, U. S. E. v. (2018). Efektivitas Pemberian Jus Buah Bit Terhadap Kadar Hemoglobin Ibu Hamil Dengan Anemia.
  12. WHO. (2014). The Global Prevalence Of Anemia In 2011. World Health Organization.
  13. Wijayakusuma H. (2008). Ramuan herbal penurun kolesterol. Niaga swadaya.