Analisa Komposisi Bahan Penyusun Kertas Medium Fluting, Brown Kraft, dan Test Liner

  • Andika Dwi Anggoro Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Fatkur Rhohman Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 1168 , pdf downloads: 1994
Keywords: bahan baku, kertas, limbah, serat

Abstract

Kertas merupakan bahan tipis yang dibuat dari serat-serat nabati pendek yang diendapkan serta dikeringkan. Serat yang digunakan umumnya merupakan natural, serta memiliki selulosa serta hemiselulosa. Kertas dalam bahasa inggris diucapkan paper serta dalam bahasa belanda papier. Kertas merupakan benda lembaran yang dibuat dari bubur rumput, jerami, kayu dan sebagainya, yang bisa dirobek, digulung, dilipat, direkat, dicoret mempunyai sifat yang berbeda dari bahan bakunya. Bahan baku merupakan bahan utama pembuatan kertas. Bahan baku diubah hingga menjadi barang baru yang mempunyai wujud dan sifat berlainan dari bahan asalnya. Bahan pembantu merupakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memperlancar pembuatan kertas. Bahan pelengkap merupakan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kertas supaya mendapatkan hasil yang baik tanpa bahan pelengkap kertas yang dihasilkan banyak mengandung cacat dan tidak sempurna. Bahan baku yang dipakai dalam pembuatan kertas adalah waste paper atau kertas hasil daur ulang dari kertas bekas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

L. H. Suryaningrum dan R. Samsudin, “POTENSI ENZIM SELULASE DALAM MENDEGRADASI MATERIAL LIGNOSELULOSA SEBAGAI BAHAN PAKAN IKAN,” dalam Seminar Nasional Hasil Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan, Jakarta, 2018.

Grinviro Biotekno Indonesia, “Pengolahan Limbah Industri Kertas (Pulp And Paper) Dengan Teknologi Dissolved Air Flotation (DAF),” 19 11 n.d.. [Online]. Available: 2021.

L. indriati dan N. Elyani, “EMPTY FRUIT BUNCHES AS PACKAGING PAPERS RAW MATERIAL,” Konversi, Volume 7 No. 2., pp. 45-54, 2018.

R. Brown, I.M.Saxena dan K. Kudlicka, “Cellulose Biosynthesis In Higher Plants,” Trends Plant Sci, vol. 1, pp. 149-156, 1996.

J. Lee, Biochemical Engineering, New Jersey: Prantica Hall, Englewood Cliffs, 1992.

J. Bailey dan D. Ollis, Biochemical Engineering Fundamentals 2nd Ed., Singapore: Mcgraw-Hill International Edition, 1986.

A. Widjaja, Aplikasi Bioteknologi Pada Industri Pulp dan Kertas, Surabaya: ITS Press, 2009.

VIPA Group, “Recovered Paper,” VIPA Group, 2019. [Online]. Available: https://www.vipa.ch/recovered-paper/.

C. J. Biermann, Handbook of Pulping and Papermaking second edition, California: Academic Press, 1996.

H. Holik, Handbook of Paper and Board, Ravensburg: WILEY-VCH Verlag GmbH & Co. KGaA, 2006.

PlumX Metrics

Published
2021-12-31
How to Cite
[1]
A. D. Anggoro and F. Rhohman, “Analisa Komposisi Bahan Penyusun Kertas Medium Fluting, Brown Kraft, dan Test Liner”, JMN, vol. 4, no. 2, pp. 100-107, Dec. 2021.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>