Rancang Bangun Mesin Perontok Bunga Cengkeh Mini Kapasitas 5Kg/Jam

  • Fatkur Rhohman Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 896 , pdf downloads: 1308
Keywords: Perontok cengkeh mini, rancang bangun, bunga cengkeh

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan petani cengkeh adalah dengan cara melakukan efisiensi pembiayaan pada pemrosesan cengkeh. Salah satu poin yang bisa lakukan efisiensi adalah pada proses perontokan bunga cengkeh dari batangnya sebelum dilakukan pengeringan. Karena pada proses tersebut, pada umumnya masih dilakukan dengan cara manual, sehingga membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak, yang otomatis akan meningkatkan pembiayaan untuk upah tenaga kerja tersebut. Untuk mengefisiensi proses tersebut, perlu digunakan bantuan mesin yang bisa membantu merontokkan dengan lebih cepat dengan tenaga kerja yang sedikit. Namun mesin perontok di pasaran pada umumnya memiliki kapasitas besar dengan biaya yang mahal. Dari survey yang di peroleh, untuk kapasitas 100kg, bisa di beli dengan harga 20 juta rupiah. Tentu saja harga tersebut terbilang mahal untuk petani cengkeh rumahan. Sehingga salah satu solusi yang bisa digunakan adalah dengan membuat mesin perontok cengkeh dengan kapasitas kecil. Tujuannya agar bisa digunakan oleh petani rumahan, dengan harga terjangkau. Dari penelitian ini diperoleh hasil berupa alat perontok cengkeh dengan kapasitas 5 kg yang bisa dibuat dengan biaya sekitar 1,5 juta rupiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Sudarmo, Pestisida nabati : pembuatan dan pemanfaatannya, Yogyakarta: Kanisius, 2005.

A. Panca, "Info Terkini Harga Cengkeh Tahun 2020," 23 Juli 2020. [Online]. Available: https://harga.web.id/prediksi-harga-cengkeh-tahun-2016.info.

N. Nurdjannah, "Diversifikasi Penggunaan Cengkeh," Perspektif, vol. 3, no. 2, pp. 61-70, 2004.

M. Lutfi and A. Kurniawati, "Pengelolaan Panen Bunga Cengkih (Syzygium aromaticum L.) di Kebun Branggah Banaran, Blitar, Jawa Timur," Buletin Agrohorti, vol. 6, no. 2, pp. 188-197, 2018.

A. L. Pratiwi, "Petani Pangandaran Gigit Jari, Harapan Dongkrak Ekonomi saat Corona Harga Cengkeh Malah Terjun Bebas," https://pangandaran.pikiran-rakyat.com/, 9 Juni 2020. [Online]. Available: https://pangandaran.pikiran-rakyat.com/lokal-pangandaran/pr-10398439/petani-pangandaran-gigit-jari-harapan-dongkrak-ekonomi-saat-corona-harga-cengkeh-malah-terjun-bebas. [Accessed 27 November 2020].

Sularso and K. Suga, Dasar Perencanaan dan Pemilhan Elemen Mesin, Jakarta: Pradnya Paramita, 1985.

PlumX Metrics

Published
2021-01-21
How to Cite
[1]
F. Rhohman, “Rancang Bangun Mesin Perontok Bunga Cengkeh Mini Kapasitas 5Kg/Jam”, JMN, vol. 3, no. 2, pp. 82-91, Jan. 2021.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>