Pengaruh Penambahan Bahan Campuran Dalam Proses Biogas Limbah Cair Tahu

  • Ali Wahyudi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Hesti Istiqlaliyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • M. Muslimin Ilham Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 143 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 180
Keywords: limbah cair tahu, variasi komposisi, anaerobic digestion, energi alternatif

Abstract

Salah satu alternatif penanganan limbah industri tahu yang saat ini banyak diteliti dan dikembangkan adalah mengubah limbah industri tahu menjadi bahan bakar alternatif berupa biogas. Mekanisme pembuatan biogas dengan proses anaerobic digestion menggunakan bahan baku limbah cair tahu dengan biodigester berkapasitas 200 liter. Bahan baku limbah cair tahu dicampurkan dengan variasi komposisi yang berbeda ialah komposisi alami, komposisi organik dan komposisi kimia. Komposisi masing-masing berupa kotoran sapi 20 kg, cairan kimia EM4 2 liter dan alami dengan tidak ada penambahan. Bahan baku yang sudah dicampurkan selanjutnya dimasukkan ke dalam ruang digester. Lamanya waktu fermentasi selama 20 hari hingga di dapatkan data penelitian mengenahi temperatur dan tekanan biogas. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan temperatur dan tekanan pada proses anaerobic digestion. Dimana peningkatan tertinggi terdapat pada komposisi kimia pada hari ke 17 hingga hari ke 20 dengan temperatur 30C dan tekanan maksimum adalah 18cm = 0,018 N/m2 diperoleh dari selisih kolom air. Komposisi organik dengan temperatur 29oC dan tekanan selisih kolom air 17cm = 0,017 N/m2. Hasil terendah terdapat pada komposisi alami dengan temperatur 26oC dengan tekanan selisih kolom air 4cm = 0,04 N/m2. Jika tidak menggunakan bahan campuran maka biogas akan lama diproduksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wahyuni. S. 2011. Biogas dari Aneka Limbah. Jakarta: Agromedia Pustaka. commit to user

Haryati & Tuti. 2006. Biogas Limbah Peternakan yang Menjadi Sumber Energi Alternatif. Wartazoa. Vol. 16, No. 3.

Wahyuni & Sri.Biogas Energi Alternatif Pengganti BBM, Gas, dan Listrik. Jakarta: Agro Media Pustaka, 2013.

EMDI – Bapedal. 1994. Limbah Cair Berbagai Industri di Indonesia, tersedia :https//www.google.co.id. Diunduh 20 Oktober 2017. Sumber:Pengendalian dan Baku Mutu, EMDI – Bapedal

PlumX Metrics

Published
2020-02-07
How to Cite
[1]
A. Wahyudi, H. Istiqlaliyah, and M. M. Ilham, “Pengaruh Penambahan Bahan Campuran Dalam Proses Biogas Limbah Cair Tahu”, J, vol. 2, no. 2, pp. 119-126, Feb. 2020.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>