Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Schnepper
PDF (Bahasa Indonesia)

PlumX Metrics

Keywords

metode pembelajaran guide discovery learning
hasil belajar
lompat jauh gaya schnepper

How to Cite

indra, ardhi mardiyanto. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Schnepper. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(1), 36-47. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i1.654

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pengaruh metode Guide Discovery Learning yang dilihat dari aktivitas mahasiswa, kemampuan pengajar dalam mengajar, dan hasil belajar yang dicapai mahasiswa dalam perkuliahan, serta respons siswa selama berlangsungnya kegiatan perkuliahan.

Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 1,79 kemudian dibandingkan dengan t(1-α). Harga t(1-α) pada taraf signifikansi 5% dengan db = n1 + n2 – 2 = 15 + 15 – 2 = 28 adalah sebesar 1,70. Sehingga thitung > t(0,95) atau 1,79 > 1,70. Karena thitung tidak jatuh diwilayah diterima H0. Kesimpulanya adalah ada pengaruh metode pembelajaran guide discovery learning terhadap hasil belajar lompat jauh gaya schnepper. Dapat disimpulkan bahwa materi lompat jauh gaya schnepper dapat diajarkan dengan menggunakan pendekatan Guide Discovery Learning karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.

https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i1.654
PDF (Bahasa Indonesia)

References

Aip Syarifuddin. (1992). Atletik. Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
____________. 2001. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Edisi Revisi V.
Ballesteros, JM. (1979). Pedoman Dasar Melatih Atletik. Jakarta: PB PASI.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
____________. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Husdarta, M. Saputra Yudha.(2000). Belajar dan Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional.
Joyce and weil. 1982. Model Of Teaching. Engalewood Cliffs. New Jersey : Prientice-Hall, Inc.
Markaban. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nana dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Sagala, Saiful. 2011. Konsep san Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta
Suherman, Adang. 2001. Pembelajaran Atletik. Jakarta : Depdikbud.
Supriyono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Yoyo Bahagia, Adang Suherman (2000). Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta, Depdiknas.
Yoyo Bahagia,dkk (2000). Atletik. Jakarta, Depdiknas.
Yudha M. Saputra. 2001. Dasar Ketrampilan Atletik. Jakarta : Depdikbud.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) 2016 Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.