Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle dengan penerapan alat bantu pembelajaran pada siswa kelas XI Multimedia C SMK Negeri 9 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia C SMK Negeri 9 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 7 siswa putra dan 13 siswa putri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes unjuk kerja lompat tinggi gaya straddle dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif komparatif yaitu membandingkan data kuantitatif dari kondisi studi awal, siklus I dan siklus II dengan prosentase. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut, dari hasil tes unjuk kerja dari kondisi awal, dari 20 siswa hanya 6 siswa atau 30,00% yang tuntas dan meningkat pada siklus I menjadi 12 siswa atau 60,00% tuntas dan pada siklus II meningkat menjadi 17 siswa atau 85,00% tuntas. Simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle pada siswa XI Multimedia C SMK Negeri 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Lompat tinggi, Gaya straddle, penerapan alat bantu
References
Arif S Sadiman. (1984). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Bahagia, Yoyo & Suherman, Adang. 2001. Atletik. Depdikbud Derjen Pendidikan Dasar Menengah.
Basoeki, Soenarjo. 1987. Atletik III. Depdikbud. Surakarta. UNS
Cholik, M. Toho & Lutan, Rusli. 2001. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: CV Maulana.
Dimyati. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
H.J.Gino, Suwarni, Suripto, Maryanto, & Sutijan. 1993. Belajar dan Pembelajaran I. Surakarta: UNS.
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.
Sasmita, Yusuf Adi. 1992. Prinsip-Prinsip Pendidikan jasmani, hakikat, filsafat, dan peranan pendidikan jasmani dalam masyarakat. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti.
Soekidjo. 2003. Alat Bantu Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susilo. 2009. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book publisher.
Syarifuddin, Aip & Muhadi. 1992. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
Tim Penyusun. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Surakarta: UNS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License