Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Schnepper
PDF (Indonesian)

Keywords

metode pembelajaran guide discovery learning
hasil belajar
lompat jauh gaya schnepper

How to Cite

Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Schnepper. (2017). Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(1), 36-47. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i1.654

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pengaruh metode Guide Discovery Learning yang dilihat dari aktivitas mahasiswa, kemampuan pengajar dalam mengajar, dan hasil belajar yang dicapai mahasiswa dalam perkuliahan, serta respons siswa selama berlangsungnya kegiatan perkuliahan.

Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 1,79 kemudian dibandingkan dengan t(1-α). Harga t(1-α) pada taraf signifikansi 5% dengan db = n1 + n2 – 2 = 15 + 15 – 2 = 28 adalah sebesar 1,70. Sehingga thitung > t(0,95) atau 1,79 > 1,70. Karena thitung tidak jatuh diwilayah diterima H0. Kesimpulanya adalah ada pengaruh metode pembelajaran guide discovery learning terhadap hasil belajar lompat jauh gaya schnepper. Dapat disimpulkan bahwa materi lompat jauh gaya schnepper dapat diajarkan dengan menggunakan pendekatan Guide Discovery Learning karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.

PDF (Indonesian)

References

Aip Syarifuddin. (1992). Atletik. Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
____________. 2001. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Edisi Revisi V.
Ballesteros, JM. (1979). Pedoman Dasar Melatih Atletik. Jakarta: PB PASI.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
____________. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Husdarta, M. Saputra Yudha.(2000). Belajar dan Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional.
Joyce and weil. 1982. Model Of Teaching. Engalewood Cliffs. New Jersey : Prientice-Hall, Inc.
Markaban. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nana dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Sagala, Saiful. 2011. Konsep san Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta
Suherman, Adang. 2001. Pembelajaran Atletik. Jakarta : Depdikbud.
Supriyono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Yoyo Bahagia, Adang Suherman (2000). Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta, Depdiknas.
Yoyo Bahagia,dkk (2000). Atletik. Jakarta, Depdiknas.
Yudha M. Saputra. 2001. Dasar Ketrampilan Atletik. Jakarta : Depdikbud.

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Copyright on any article is retained by the author(s).
  2. The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
  3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
  4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
  5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License