Abstract
Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan di Universitas Nusantara PGRI Kediri yang memiliki masalah dalam menerapkan hasil belajar lompat jauh terutama gaya schnepper khususnya mahasiswa penjaskesrek harus menekankan kepada pembimbingan seorang pengajar terhadap mahasiswanya. Selain itu, siswa hanya melakukan kegiatan praktik dengan alat seadanya, tanpa ada bantuan alat pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi ajar. Serta apabila terdapat siswa yang mendapatkan nilai di bawah standar kriteria ketuntasan, guru tidak memberikan bantuan kepada siswa yang bersangkutan untuk memperbaikinya. Hal ini mengakibatkan kurang maksimalnya hasil belajar yang dicapai siswa. Sehingga pada penelitian ini, peneliti memilih salah satu pendekatan dalam pembelajaran yang memberikan tindakan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Tujuan yang dicapai adalah untuk mengetahui efektifitas pengaruh metode Guide Discovery Learning yang dilihat dari aktivitas mahasiswa, kemampuan pengajar dalam mengajar, dan hasil belajar yang dicapai mahasiswa dalam perkuliahan, serta respons siswa selama berlangsungnya kegiatan perkuliahan.
Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 1,79 kemudian dibandingkan dengan t(1-α). Harga t(1-α) pada taraf signifikansi 5% dengan db = n1 + n2 – 2 = 15 + 15 – 2 = 28 adalah sebesar 1,70. Sehingga thitung > t(0,95) atau 1,79 > 1,70. Karena thitung tidak jatuh diwilayah diterima H0. Kesimpulanya adalah ada pengaruh metode pembelajaran guide discovery learning terhadap hasil belajar lompat jauh gaya schnepper. Dapat disimpulkan bahwa materi lompat jauh gaya schnepper dapat diajarkan dengan menggunakan pendekatan Guide Discovery Learning karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Kata lunci : metode pembelajaran guide discovery learning, hasil belajar dan lompat jauh gaya schnepperAuthors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.