Abstract
Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan di Universitas Nusantara PGRI Kediri yang memiliki masalah dalam menerapkan hasil belajar lompat jauh terutama gaya schnepper khususnya mahasiswa penjaskesrek harus menekankan kepada pembimbingan seorang pengajar terhadap mahasiswanya. Selain itu, siswa hanya melakukan kegiatan praktik dengan alat seadanya, tanpa ada bantuan alat pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi ajar. Serta apabila terdapat siswa yang mendapatkan nilai di bawah standar kriteria ketuntasan, guru tidak memberikan bantuan kepada siswa yang bersangkutan untuk memperbaikinya. Hal ini mengakibatkan kurang maksimalnya hasil belajar yang dicapai siswa. Sehingga pada penelitian ini, peneliti memilih salah satu pendekatan dalam pembelajaran yang memberikan tindakan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Tujuan yang dicapai adalah untuk mengetahui efektifitas pengaruh metode Guide Discovery Learning yang dilihat dari aktivitas mahasiswa, kemampuan pengajar dalam mengajar, dan hasil belajar yang dicapai mahasiswa dalam perkuliahan, serta respons siswa selama berlangsungnya kegiatan perkuliahan.
Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 1,79 kemudian dibandingkan dengan t(1-α). Harga t(1-α) pada taraf signifikansi 5% dengan db = n1 + n2 – 2 = 15 + 15 – 2 = 28 adalah sebesar 1,70. Sehingga thitung > t(0,95) atau 1,79 > 1,70. Karena thitung tidak jatuh diwilayah diterima H0. Kesimpulanya adalah ada pengaruh metode pembelajaran guide discovery learning terhadap hasil belajar lompat jauh gaya schnepper. Dapat disimpulkan bahwa materi lompat jauh gaya schnepper dapat diajarkan dengan menggunakan pendekatan Guide Discovery Learning karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Kata lunci : metode pembelajaran guide discovery learning, hasil belajar dan lompat jauh gaya schnepperAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License