APLIKASI PEMBELAJARAN BERMAIN MENGGUNAKAN MODEL AKTIVITAS SIRKUIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU PADA SISWA KELAS X-I SMA N I PULOKULON

  • Eko Susilo Kristiantono SMA Negeri 1 Pulokulon
Abstract views: 364 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1314

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar tolak peluru melalui pembelajaran bermain menggunakan model aktivitas sirkuit pada siswa kelas X-1 SMA N I Pulokulon Kab. Grobogan

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-1 SMA N 1 Pulokulon tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 42 siswa yang terdiri dari 23 siswa  putra dan 19 siswa putri. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui pengamatan oleh peneliti dan kolaborator selama proses pembelajaran berlangsung. Data tersebut merupakan Kemampuan gerak dasar siswa yang diperoleh melalui lembar observasi yang meliputi afektif, kognitif dan psikomotor. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pembelajaran Bermain menggunakan model aktivitas sirkuit dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar tolak peluru pada siswa Kelas X-1 SMAN 1 Pulokulon  . Dimana kemampuan gerak dasar  pada kondisi awal 21,42% atau 9 siswa, pada akhir siklus I menjadi 59,52% atau 25 siswa dan pada akhir siklus II menjadi 88,09% atau 37 siswa.

Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran bermain menggunakan model aktivitas sirkuit meningkatkan hasil belajar tolak peluru siswa kelas X-1 SMA N 1 Tahun Pelajaran 2014/2015

 

Kata kunci : kemampuan gerak dasar, tolak peluru, pembelajaran bermain model aktivitas sirkuit.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2017-11-20
How to Cite
Kristiantono, E. S. (2017). APLIKASI PEMBELAJARAN BERMAIN MENGGUNAKAN MODEL AKTIVITAS SIRKUIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU PADA SISWA KELAS X-I SMA N I PULOKULON. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(1), 1-8. https://doi.org/10.29407/pn.v3i1.11707